Hindari Spyware, Pengguna WhatsApp Diimbau Perbarui Aplikasi

Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) mengimbau kepada para pengguna setia WhatsApp untuk melakukan pembaruan sistem pada aplikasi. Hal ini dilakukan agar terhindar dari spyware yang dapat mencuri data percakapan pengguna melalui fitur free call.

Melalui akun resmi Twitternya, BSSN juga menyerukan kepada masyarakat untuk melakukan pembaruan sistem terhadap aplikasi selain WhatsApp.

Lembaga riset keamanan siber CISSRec mengungkapkan betapa berbahayanya spyware bagi para pengguna WhatsApp. Spyware masuk melalui fitur call dan akan menimbulkan dampak yang cukup parah, di mana para peretas dapat mengambil alih sistem operasi pada Android maupun iOS.

Chairman CISSRec Pratama Persadha dikutip dari CNNIndonesia.com, mengatakan bahaya spyware tidak hanya mencuri data percakapan namun sistem berbahaya itu bisa menginfeksi pengguna saat mengangkat panggilan WhatsApp dari nomor penyerangnya.

Anti-malware Expert Kapersky Lab Victor Chebyshev pun angkat suara terkait masalah spyware yang menimpa WhatsApp. Senada dengan BSSN, pihaknya juga menghimbau kepada seluruh pengguna WhatsApp untuk segera melakukan pembaruan.

Sumber : www.cnnindonesia.com