Hindari Mengonsumsi Ini Saat Sahur

Agar puasa lancar, penting untuk lebih jeli lagi dalam memilih makanan dan minuman yang hendak dikonsumsi. Bukan sekadar makan sahur asal kenyang, tetapi lebih mempertimbangkan asupan gizi dan nutrisi yang bisa membuat tubuh tetap bugar selama berpuasa.

Dikutip dari buku DEBM (Diet Enak, Bahagia, dan Menyenangkan), saat sahur sebaiknya menghindari buah-buahan yang terlalu manis seperti pepaya, melon, dan semangka. Selain itu, hindari juga jus buah, nasi, mi, kentang, roti, kopi manis, teh manis, minuman bergula, dan soft drink. Kenapa kelompok makanan dan minuman tersebut sebaiknya dihindari? Alasannya adalah karena bisa menimbulkan lonjakan gula darah.

Makan sahur tidak asal pilih yang asal kenyang. Kalau ingin mengonsumsi karbo, pilih alternatif seperti brokoli, wortel, tauge, dan bayam. Makanan dan minuman dengan kadar gula atau pemanis yang tinggi juga perlu dihindari. Untuk minuman, yang paling aman adalah air putih. Atau bisa juga mengonsumsi kaldu iga atau sup tulang iga untuk menggantikan cairan tubuh.

Sumber : www.fimela.com