Hepatitis A di Kota Depok Belum Berstatus KLB

Sumber Foto : www.kompas.com

Kasus wabah penyakit Hepatitis A yang menjangkiti puluhan pelajar SMPN 20 DepoK, Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Depok menegaskan belum mengeluarkan peringatan sebagai kejadian luar biasa (KLB). Tetapi, cukup KLB Parsial atau hanya berlaku sebatas lingkungan sekolah.

“Saat ini kami hanya mengeluarkan surat kewaspadaan dini agar warga peduli terkait pencegahan penyakit Hepatitis A,” ujar Kepala Dinkes Kota Depok, Novarita saat dikonformasi di Balai Kota Depok, Jumat (29/11).

Dinkes Kota Depok menggeluarkan surat tertanggal 27 November 2019 mengenai imbauan Peningkatan Kewaspadaan Terhadap Meningkatnya Kasus Hepatitis A yang ditujukan ke para camat dan lurah se Kota Depok yang ditandatanggani Kepala Dinkes Kota Depok, Novarita.

Selain surat berisi mengenai beberapa hal yang perlu diperhatikan tentang Hepatitis A, penanganan penderita, kontak dan lingkungan sekitar, pencehan serta sistem kewaspadaan dini dan penanggulangan KLB yakni laporkan kejadian secara berjenjang, meningkatkan survei Hepatitis A terutama di sekolah, antara lain dengan melihat absensi siswa.

Lalu, meningkatkan pengawasan kualitad TTU (Tempat-Tempat Umum) dan TPM (Tempat Pengolahan Makanan). Lakukan investigasi dengan Penyelidikan Epidemiologis, apakah penularan terjadi dari orang ke orang atau common source, caro populasi yang terpajang, bila ditemukan sumber Infeksi segera dltanggulangi maksimal. Lakukan upaya khusus untuk menigkatkan sanitasi lingkungan dan kebersihan perorangan untuk mengurangl kontaminasi makanan dan air.

Sumber : www.nasional.republika.co.id