Hemat ala Anak Kost

1. Paling penting adalah mengutamakan air mineral

Nah, kalau kamu ingin hemat, siapkan air mineral ke mana pun kamu pergi. Air mineral bisa menetralkan rasa di lidah agar tidak cepat lapar. Kamu bisa memasaknya sendiri di kost atau membeli yang versi galon, bukan membeli air kemasan setiap hari.

2. Untuk menambah energi dalam tubuh, belilah susu bubuk agar lebih hemat

Hemat, sih boleh-boleh saja, asalkan gak menyiksa perut. Agar energimu tetap terjaga, belilah susu sebagai persiapan setiap bulannya. Belilah susu bubuk dan buatlah sendiri dengan air panas. Kamu bisa meminumnya tiap pagi atau malam agar tubuhmu fit dan rasa lapar berkurang.

3. Lebih hemat lagi kalau masak nasi sendiri

Cobalah masak nasi sendiri dan bawalah ke kampus atau tempat kerjamu. Sehingga kamu hanya membeli lauk di luar. Dengan memasak nasi, juga kamu bisa menentukan banyak tidaknya ukuran yang kamu inginkan. Percaya deh, pengeluaranmu bakal makin irit.

4. Sediakan oatmeal agar lebih cepat kenyang

Oatmeal merupakan makanan bergandum pengganti nasi. Menyajikannya juga simpel banget, lho. Kamu bisa memanfaatkannya untuk sarapan pagi. Selain cepat kenyang, oatmeal juga bagus untuk keseimbangan tubuh. Lebih asyiknya lagi, kandungan lemaknya sangat rendah.

5. Sediakan cokelat untuk persediaan sepekan

Hemat dan tidak menyiksa perut? Cokelat merupakan jawabannya. Selain enak karena rasanya manis, cokelat ternyata mudah membuat kenyang. Makanlah cokelat pada siang hari agar tidak mengeluarkan lagi untuk ngemil banyak jajan.

6. Sediakan pula biskuit 

Pilihlah biskuit yang kaya gizi, tapi harganya tak terlampau mahal. Jangan pilih biskuit dengan kandungan gula yang terlalu banyak ya, karena hanya akan menambah timbunan lemak di tubuhmu.

Makanlah ini jika perutmu mulai keroncongan saat malam hari. Sehingga lebih hemat agar tidak membeli camilan atau makan besar setiap malam.

7. Persediaan telur juga jangan dilupakan

Telur merupakan senjata rahasia untuk bisa kenyang lama. Kamu bisa memakannya tiga kali dalam sepekan dengan nasi yang kamu masak sendiri. Telur kaya akan protein, membuat keseimbangan tubuhmu lebih terjamin. Jika kamu tidak memiliki kompor, kamu bisa kok memasaknya di rice cooker.

8. Persediaan buah, terutama pisang atau pepaya, akan sangat membantu

Buah sangat penting untuk tubuh. Kandungan vitamin dan gizinya sangat kaya membuat tubuh menjadi semakin sehat. Gak perlu yang mahal-mahal, kamu bisa memakan pisang atau pepaya yang enak dan murah. Apalagi keduanya tinggi serat, jadi cepat kenyang, deh.

9. Istirahat yang cukup pun penting, lho

Salah satu hal yang sering dilupakan banyak orang agar tidak cepat lapar adalah istirahat yang cukup. Istirahat akan membuat sistem pencernaan bekerja dengan baik. Karena itu kalau kamu kebanyakan aktivitas, apalagi begadang, ini akan memacumu untuk lapar terus.

Sumber : www.idntimes.com