Gunungkidul Layak Menjadi the Next Bali

Garis pantai Gunungkidul sepanjang 72 km memiliki banyak pemandangan alam dan pantai yang eksotik. Gunungkidul pun sangat berpotensi menjadi the Next Bali di Indonesia.

Pengamat Ekonomi Cyrillus Harinowo mengatakan karakteristik wilayah di Bali tak ubahnya dengan Gunungkidul. Dia menyontohkan kawasan Nusa Dua Bali. Sebelum terkenal seperti saat ini, Nusa Dua juga dikenal sebagai daerah perbukitan kapur, kering dan tidak ada nilainya. Begitu dibangun, menjadi terkenal seperti itu.

Saat ini, kata Harinowo, Gunungkidul memiliki potensi alam yang luar biasa. Saat ini setidaknya ada 22 public beach unik dengan formasi batuan yang berbeda-beda.

Selain kaya dengan wisata pantai, Gunungkidul juga memiliki 13 geopark yang telah diakui UNESCO. Kondisi tersebut menunjukkan pariwisata di Gunungkidul layak menjadi The Next Bali atau Bali Baru.

Selain itu, pengembangan wisata di Gunungkidul juga harus didukung dengan perencanaan yang matang dan dana investasi yang memadai. Berkaca pada pengembangan wisata di Lombok, pemerintah menggelontorkan dana Rp15 triliun.

Keyakinan Harinowo terkait pengembangan destinasi wisata di Gunungkidul bukan tanpa alasan. Saat ini kata Harinowo, pemerintah mengebut proses pembangunan New Yogyakarta Internasional Airport (NYIA) agar bisa beroperasi pada April 2019 mendatang.

Sumber : www.jogjapolitan.harianjogja.com

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *