Google Buat Fitur 3D Touch Versi Android Q

Google nampaknya akan menambahkan sebuah fitur yang selama ini sudah tertanam di iPhone. Dalam versi terbaru Android, yakni Android Q, Google akan menambahkan 3D Touch dengan nama Deep Press.

Dilansir dari Tech Radar, Apple memperkenalkan pertama kali Force Touch atau mereka iPhone menamakan 3D Touch pada September 2014. Ponsel iPhone 6s menjadi yang pertama memiliki fitur ini.

Setelah lima tahun, Android akhirnya menyusul dengan nama Deep Press. Berbagai bocoran mengungkap Google telah menambahkan kode untuk menambah fitur serupa dalam Android Q.

Hingga saat ini belum ada rincian detail mengenai fitur Deep Press. Dari mulai cara bekerja hingga perangkat mana saja yang akan mendapatkan tambahan fitur tersebut.

Selain Deep Press, Google dikabarkan melakukan banyak pembaharuan pada Android Q. Seperti keamanan privasi pengguna. Salah satunya adalah permintaan izin aplikasi akan muncul tiap kali ada fungsi tertentu yang dibutuhkan oleh aplikasi, misal menggunakan fitur lokasi.

Tiga tombol khas Android juga akan hilang di Android Q. Tombol task, home, back akan diganti dengan ‘pill’. Pill menggunakan gestur untuk melakukan fungsi ketiga tombol tersebut.

Sumber : www.cnnindonesia.com