Glitter Dapat Berakibat Fatal untuk Mata

Glitter adalah salah satu tren makeup yang sangat populer di tahun 2017, bahkan sampai saat ini. Mulai dari eyeshadow, lipstik, faux freckles, festival look, bahkan pada kuteks, glitter selalu sukses membuat tampilan menjadi lebih menarik. Namun, tahukah kamu bahwa menggunakan glitter dalam riasan, terutama pada area mata perlu perhatian khusus? Jika sembarangan menggunakan glitter, kesehatan mata bisa terganggu. Agar kamu dapat menggunakan riasan glitter pada mata dengan aman, yuk ikuti tips berikut!

1. Gunakan Glitter Khusus Kosmetik

Lebih tepatnya, jangan pernah gunakan craft glitter atau glitter untuk kerajinan tangan atau prakarya pada wajah kamu. Meskipun harganya lebih murah, terdapat banyak sekali perbedaan yang menjadi alasan kenapa glitter tersebut berbahaya. Perbedaan yang paling utama adalah kebanyakan craft glitter terbuat dari metal, sehingga jika sampai ada partikel yang masuk ke mata, sekalipun kecil, dapat berakibat masalah serius pada mata kamu. Sedangkan, glitter kosmetik terbuat dari plastik yang tidak beracun. Tentunya, proses pembuatan glitter kosmetik pun memiliki standar kebersihan yang jauh lebih tinggi ketimbang glitter kerajinan biasa.

2. Pastikan Glitter Menempel dengan Baik

Agar tidak ada partikel glitter yang ‘ke mana-mana’ apalagi sampai masuk ke dalam mata, glitter harus ditahan oleh sesuatu, baik gel, lem makeup, gloss, dan sejenisnya. Apalagi, jika kamu menggunakan loose glitter yang partikelnya benar-benar berupa butiran glitter seperti craft glitter. Jika hanya ingin mencoba-coba riasan saja dalam waktu singkat, kamu bisa mengaplikasikan eyeshadow base berbentuk cream untuk menahan glitter.

3. Bersihkan Riasan Glitter Hingga Tidak Ada yang Tersisa

Setelah menggunakan riasan makeup dengan glitter, pastikan kamu membersihkannya secara menyeluruh hingga tidak ada glitter yang tertinggal. Membasuh wajah dengan air atau mencuci wajah untuk membersihkan riasan glitter pada mata bukanlah jawabannya. Cara yang paling efektif dan aman untuk membersihkan riasan glitter pada area mata adalah dengan menggunakan oil-based eye makeup remover pada kapas. Kemudian, usapkan secara lembut ke arah luar untuk membersihkan riasan glitter.

Sumber : www.vemale.com

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *