Generasi Milenial akan Mendominasi Pasar Wisata

Pergeseran generasi yang tidak terhindarkan di dunia pariwisata. Wisatawan milenial pun diprediksi akan menjadi pasar utama di 2019. Dari data Kementerian Pariwisata (Kemenpar) yang dipaparkan saat FGD (Focus Group Discusstion) Milenial Tourism yang digelar Kemenpar, di Jakarta, Kamis (18/10/2018), wisatawan milenial akan terus tumbuh dan menjadi pasar utama.
Diproyeksikan pada 2030 mendatang, pasar pariwisata Asia didominasi wisatawan milenial berusia 15-34 tahun mencapai hingga 57 persen.
Di China generasi milennial akan mencapai 333 juta, Filipina 42 juta, Vietnam 26 juta, Thailand 19 juta, sedangkan Indonesia 82 juta. Menengok lebih dekat, Rizki Handayani, Deputi Pengembangan Industri dan Kelembagaan Kemenpar mengatakan lebih dari 50 persen dari tiap pasar pariwisata Indonesia sudah merupakan milenial di 2019. Beberapa negara yang wisatawan milenial meningkat diantara lain China, India, Singapura, dan negara Asia Tenggara lainnya.
Rizki mengatakan, beberapa negara sudah mulai intens menyasar pasar milenials ini. Antara lain negara Korea, Jepang, dan Thailand. Harapannya di 2019 Indonesia tidak kecolongan untuk mengantisipasi potensi wisatawan milennial. Menurutnya Korea dan Jepang sudah mencontohkan gaya promosi dan iklan yang sangat menyasar millennials, dari segi iklan visual, promosi kebudayaan, kuliner, dan lainnya.

Sumber : www.travel.kompas.com

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *