Festival Patrol Banyuwangi

Sumber Foto : www.news.detik.com

Festival musik patrol di Banyuwangi berlangsung meriah. Beragam alat musik dari bambu yang dimainkan dengan atraktif oleh para peserta berhasil memukau ratusan pengunjung yang menyaksikan. Tak hanya warga Banyuwangi, rombongan wisata asal Amerika Serikat juga turut terpikat dengan aksi belasan grup patrol ini. 

Musik Patrol adalah musik tradisional yang menggunakan bambu sebagai medianya. Musik ini banyak dimainkan warga saat Ramadan untuk membangunkan orang dari tidur supaya segera sahur.

Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar mengatakan bahwa patrol adalah bagian tradisi Ramadan warga Banyuwangi sejak dulu. Festival ini digelar, lanjut dia, sebagai upaya melestarikan tradisi permainan alat musik bambu ini. 

Selain Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas yang hadir, rombongan pelaku wisata dari Amerika Serikat juga turut meramaikan festival ini. Mereka pun sangat tertarik dengan tradisi musik lokal warga Banyuwangi. Bahkan saat didaulat untuk maju ke depan bersama Bupati Anas, mereka ikut menirukan gaya pemain patrol.

Sumber : www.news.detik.com