Fakta Menarik Kota Jakarta

1. 10 kali ganti nama

Sebelum dikenal dengan nama Jakarta, kota ini sudah berganti nama sebanyak 10 kali. Jakarta pertama kali dikenal sebagai Sunda Kelapa. Selanjutnya, Jakarta berganti nama secara berkelanjutan dari mulai Sta Batavia, Gemeente Batavia, Stad Gemente Batavia. Saat zaman pendudukan Jepang, Jakarta berganti nama menjadi Betshu Shi. Lalu, berganti lagi menjadi Jakarta Toko. Setelah meraih kemerdekaan, secara berturut-turut, Jakarta berganti nama menjadi Jakarta, Kota Praja Jakarta, Pemerintah Daerah Khusus Ibukota Jakarta Raya, dan sampai akhirnya memakai nama yang dipakai sekarang.

2. Tempat pertama kali lambang burung garuda diperkenalkancollectie_tropenmuseum_hotel_des_indes_tmnr_10017569

Hotel Des Indes adalah tempat kali pertama diperkenalkannya lambang burung garuda oleh Presiden Soekarno kepada khalayak umum pada tahun 1950. Hotel ini terletak di Jalan Gajah Mada, Jakarta Pusat. Sayangnya, pada tahun 1971, hotel bersejarah ini dihancurkan oleh pihak swasta atas izin pemerintah pusat Orde Baru demi pembangunan pusat perbelanjaan Duta Merlin.

3. Lambang DKI Jakarta dibuat oleh Gubernur ke-6 Jakarta

 Lambang DKI Jakarta yang kita kenal sekarang ini dibuat oleh Gubernur ke- 6 Jakarta yang bernama Henk Ngantung. Sebelum menjadi Gubernur Jakarta, Henk Ngantung yang bernama asli Hendrik Hermanus Joel Ngantung dikenal sebagai pelukis tanpa pendidikan formal.

4. Punya stadion terbesar di dunia

gelora-bung-karnoBeberapa bangunan dan tempat terbesar di dunia ternyata ada di Jakarta. Ketika selesai dibangun pada tahun 1962, Stadion Senayan atau Stadion Utama Gelora Bung Karno merupakan satu di antara stadion terbesar di seluruh dunia dengan kapasitas awal sekitar 100.000 orang.

5. Punya pasar grosir terbesar di dunia

Pasar Tanah Abang yang dibangun pada tahun 1935 merupakan satu di antara pasar grosir terbesar di dunia.

6. Punya stasiun terbesar se-ASEAN

Stasiun Jakarta Kota sempat menjadi stasiun terbesar se-ASEAN dengan 580 kereta api yang bolak-balik setiap harinya

7. Kota yang paling diincar

jakarta-kota-paling-tidak-aman-sedunia-a409Di balik kesemrawutannya, Jakarta menyimpan potensi ekonomi dan infrastruktur tersembunyi. Kendati kota padat penduduk, Jakarta merupakan kota yang paling diincar untuk investasi properti daripada Shanghai, Kuala Lumpur, maupun Singapura.

8. Kota dengan gedung pencakar langit terbanyak

Dari 40 kota dengan gedung pencakar langit terbanyak di dunia, Jakarta menduduki posisi ke-17.

9. Jakarta bakal punya The Signature

Pada tahun 2020 nanti, Jakarta akan mempunyai gedung pencakar langit tertinggi se-Asia Tenggara dan tertinggi ke-5 di dunia. Gedung itu bernama The Signature.

10. Kampung terindah

Ternyata Kampung Rawa di Jakarta Pusat pada tahun 2012 berhasil dinobatkan sebagai kampung terindah versi CNNgo.

11. Penghasilan masyarakat Jakarta

5465_anggota-dprd-se-indonesia-minta-naik-gaji-ini-kata-masyarakatJakarta kerap dilekatkan dengan kemiskinan. Namun, 13 persen dari masyarakat Jakarta berpenghasilan di atas 1.000 dollar AS per bulan. Jika Abnon termasuk yang berpenghasilan 13 persen ini, berbahagialah sebab sejajar dengan masyarakat Singapura, Shanghai, Kuala Lumpur, dan Mumbai

12. Museum terbanyak

Selain dikenal sebagai kota dengan mal terbanyak, Jakarta pun memiliki museum terbanyak dengan 47 museum tersebar di seluruh penjuru kota.

13. Masih ada hutan di Jakarta

Di tengah impitan pembangunan, ternyata Jakarta masih memiliki tiga hutan, yakni Hutan Muara Angke, Hutan Srengseng, dan Hutan Kota Tebet.74056259

14. Status setingkat provinsi

Dari 34 provinsi di Indonesia, Jakarta merupakan satu-satunya kota dengan status setingkat provinsi dan 70 persen perputaran uang Indonesia terjadi di kota ini.

15. Gubernur lahir di Jakarta

Dari 17 gubernur yang pernah memimpin Jakarta selama 488 tahun, hanya dua orang yang lahir di kota ini, yakni Soerjadi Sudirja dan Fauzi Bowo.

(PB)

Sumber : www.goodnewsfromindonesia.id

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *