Diserang Virus Wanna Cry?? Begini Pencegahannya

Virus Ransomware Wanna Cry saat ini sudah menyerang sejumlah rumah sakit di Jakarta. Virus ini berbahaya karena sudah dikategorikan cyber terrorism (teroris siber).

Setidaknya ada dua rumah sakit di Jakarta yang sudah terinveksi yaitu RS Dharmais dan RS Harapan Kita. Namun, Namun setelah dipastikan, hanya RS Dharmais yang positif diserang.

Direktur Jenderal Aplikasi Informatika, Kementerian Komunikasi dan Informatika Semuel A Pangerapan mengatakan, saat ini belum ada solusi yang paling cepat dan jitu untuk mengembalikan file-file yang sudah terinfeksi Wanna Cry.

Akan tetapi menurutnya, memutuskan sambungan internet dari komputer yang terinfeksi akan menghentikan penyebaran Wanna Cry ke komputer lain yang rentan. Selain itu, sebut Semuel, bisa dengan mem-back up data. Yakni dengan menyimpan data penting di tempat lain.

Semmy menambahkan, Indonesia Security Incident Response Team on Internet Infrastructure (ID-SIRTII) juga menghimbau kepada perkantoran yang akan beroperasi besok (15/5), agar melakukan hal-hal pencegahan. Yakni memutus koneksi personal cumputer dengan jaringan kantor yang tersambung ke internet.

Untuk konsultasi secara online bisa melalui https://www.nomoreransom.org atau email di alamat incident@idsirtii.or.id Selain itu bisa menghubungi Direktur Keamanan Informasi Kemenkominfo Aidil Cenderamata di nomor 0817758377 dan Wakil Ketua ID-SIRTII Salahuddin di nomor 0816945022.

Sumber : www.radarcirebon.com

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *