Dewa Budjana Persembahkan Karya untuk Pahlawan Bali

               Sumber: www.gozzip.id

Ida I Dewa Agung Istri Kanya merupakan sosok pejuang wanita asal Klungkung pada massa pendudukan Belanda di Bali. Sosoknya yang cantik tersimpan kekuatan dahsyat yang mampu meruntuhkan kekuasaan Belanda (dibawah kepemimpinan Jenderal AV Michiels) saat terjadi Perang Kusamba (24-25 Mei 1849).

Namun di balik ketangguhannya tersebut, hingga saat ini Ida I Dewa Agung Istri Kanya belum diakui sebagai pahlawan nasional selakyaknya Cut Nyak Dhien atau Martha Christina Tiahahu. Melihat kondisi tersebut, musisi nasional berdarah Klungkung, Dewa Budjana mengapresiasinya dengan sebuah karya yang secara khusus dibuat untuk sang pahlawan.

Ditemui dikawasan Denpasar, gitaris dari band Gigi tersebut mengungkapkan jika proyeknya itu tidak dikerjakan sendiri, dirinya pun turut menggandeng seniman dan musisi asli Klungkung lainnya.

Budjana menambahkan, proyek tersebut tidak saja melibatkan dari elemen musisi dan artis dari Klungkung, pemerintah kabupaten Klungkung juga ikut terlibat dalam proyek tersebut. Budjana mengklaim jika dalam proses penggarapan tersebut tidak ada unsur politik.

Sumber: liputan6.com

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *