Desainer Muda Indonesia Pamer Karya di Slovakia dan Serbia dengan dukungan dari Pertamina

Indonesia kembali mengukir prestasi dengan karya karya para desainer muda. kali ini enam desainer Indonesia mendapat kesempatan melenggang di ajang Indonesia-Slovakia Fashion Day bertajuk Bratislavske Modne Dny, pada 17 September 2019, di Slovakia.
Keenam desainer yang diprakasai oleh Beautiful Indonesia bersama dengan Pertamina ini adalah Ariy Arka, Rudy Chandra, Nita Seno Adji, Ida Giris, Erdan, dan Malik Moestaram. Mereka akan membawakan koleksi yang diangkat dari kebudayaan Indonesia yaitu kain tenun Lombok.
Pagelaran Ariy Arka ke manca negara ini tak lepas dari dukungan PT Pertamina (Persero) selaku BUMN yang membina para pengusaha muda, melalui program kemitraan. Ariy Arka (32 tahun), mengawali usahanya di dunia fesyen dari nol. Passionnya untuk memiliki usaha di industri mode, awalnya terganjal permodalan. Dengan modal minim, ia memulai usahanya tujuh tahun silam, hingga akhirnya bertemu dengan Pertamina yang menggandengnya sebagai mitra binaan.
Pertamina melakukan program binaan terhadap UMKM Indonesia sejak 1993. Ada tujuh sektor yang menjadi fokus program ini, salah satunya adalah fasion. Pertamina tak hanya memberikan bantuan modal, tapi juga pelatihan bahkan membukakan kesempatan untuk memperluas pasar pelaku usaha.
Manager Small Medium Entreprise Partnership Program (SMEPP) PT Pertamina (Persero) Rudi Ariffianto mengatakan program kemitraan Pertamina merupakan bentuk tangung jawab BUMN kepada masyarakat.

“Program kemitraan Pertamina tidak hanya memberikan pinjaman modal bergulir, tetapi juga memberikan pembinaan bagi mitra sesuai bidangnya, agar bisnisnya dapat berkembang, dan Juga memberikan kegiatan pelatihan, sharing knowledge, memberikan kesempatan dalam pameran termasuk gelaran fasion di tingkat nasional maupun internasional” Ujar Rudi dalam keterangan di Jakarta jumat (13/9).

Menurut promotor Beautiful Indonesia Emi Chaniago mengatakan, gagasan untuk membawa karya desainer Indonesia ke Eropa Timur ini berawal dari mimpinya ingin memperkenalkan budaya Indonesia. Karena selama ini, saat ia bepergian ke luar negeri, masih banyak yang tidak mengenal Indonesia.
Slovakia dan Serbia dipilih karena Emi ingin para desainer ini mendekatkan karya mereka ke pasar yang potensial.
Negara-negara di Eropa Timur masih jarang terjamah. Di satu sisi, Serbia imagenya apakah masih aman di sana, masihkah ada perang? Padahal, di sana sudah tidak ada lagi perang dan sama halnya, di sana mereka juga belum kenal Indonesia, jadi saling mempromosikan,” Kata Emi kepada para wartawan di kawasan Kebayoran Baru, Jakarta,(13/9).

Busana karya entrepreneur muda binaan Pertamina Ariy Arka juga akan diusung ke Fashion Beautiful Indonesia Vol 10, di Beograd Serbia serta Athena. 

Para designer muda ini berharap karyanya nanti akan dapat memperkenalkan kain Indonesia melalui pagelaran busana, serta meningkatkan pariwisata nasional melalui promo fesyen karyanya.

Sumber : Pertamina