Cek Komponen Ini Kalau Mobil Mogok

Sumber Foto : www.demico.co

Kopling Aus

Kopling aus ditandai dengan gejala mesin kendaraan yang ngos-ngosan, tak mampu berjalan cepat dan kehabisan tenaga di tanjakan. Biasanya juga disertai degan bau tidak sedap dari dalam atau bawah mobil. Bisa jadi itu pertanda bahwa kopling hangus dan perlu perawatan darurat secepatnya.

 

Overheat

Overheat terjadi karena mesin yang terlalu panas. Hal ini bisa disebabkan oleh air dalam radiator yang kurang atau habis. Bisa jadi karena lupa diisi atau kebocoran. Jangan lupa juga untuk memeriksa beberapa komponen, seperti selang radiator dan sistem pendingin lain pada bagian mesin. Biar lebih aman, penting untuk melakukan pergantian selang secara berkala.

Lampu Indikator Oli

Setelah temperatur mesin dingin, coba periksa indikator oli. Ada kemungkinan mogok terjadi karena oli mesin yang kurang. Buka kap mesin bagain depan dan lepaskan batang oli mesin. Periksa apakah oli memang sudah terlalu kering dan perlu tambahan atau tidak.

Switch Starter

Meski kerap disepelekan, sebenarnya, bagian yang situ ini juga punya peran penting lho pada kinerja mobil. Coba periksa, apakah Switch Starter-mu masih berfungsi dengan baik? Kemungungkinan terjadinya kerusakan pada alat ini memang besar. Wajar, ia paling kerap dipakai saat hendak menyalakan atau mematikan mesin kendaraan.

Sekring Mobil

Saat mobil mogok, jangan lupa buat mengecek bagian yang sering dilupakan ya. Apalagi kalau bukan sekring mobil. Periksa sekring box pada bagian bawah kap mesin dan kemudi secara menyeluruh. Pastikan semua masih bergungsi tanpa ada yang putus atau meleleh. Jika ada yang rusak, lebih baik segera ganti supaya masalah dapat segera teratasi.

Jadi, jangan panik yang girls, saat mobil mogok.

Sumber : www.liputan6.com