Cegah Nyeri Punggung Buat Pengendara Motor

tulangpunggung

Sumber : health.detik.com

Bagi para pengguna kendaraan bermotor, yang khususnya menggunakan sepeda motor dalam sehari hari, terkadang sering merasakan nyeri pada bagian pinggang/ punggung.

Apalagi bagi pengguna yang sering melakukan perjalanan jauh, pastilah, peluang untuk menderita nyeri atau sakit pinggang akan lebih besar, ditambah lagi kalau medan yang dilalui atau jalannya tidak mulus alias berbatu, alhasil, semakin menderita lah pinggang/ punggung abnon.
Jangan anggap remeh nyeri pinggang ini, karena nyeri pinggang ini bila dalam kondisi akut bisa mengakibatkan akumulasi, sehingga bisa terjadi nyeri yang sangat hebat di bagian punggung.
Jika abnon tidak dalam berkendara (sedang naik motor), mungkin dengan pijat bisa mengurangi nyeri pinggang ini.
Terus bagaiman jika dalam posisi berkendara??
Tentunya, disaat akan melakukan gerakan ini, abnon harus fokus kedepan memperhatikan jalan, pastikan tangan abnon menggenggam pegangan tangan dengan mantap, sebaiknya, jangan lakukan gerakan ini dengan melepas satu genggam tangan abnon, apalagi melepaskan kedua genggaman tangan abnon.
Lakukan gerakan ini disaat abnon merasa pinggang atau punggung anda teras pegal, berat, atau pun nyeri. Atau bila abnon yang melakukan perjalanan jauh, lakukan gerakan ini tiap 20 atau 30 menit. Dan sekali lagi tetap fokus kedepan/ jalan raya dan jangan melepas satu atau kedua genggaman tangan di handle motor. Adapun gerakannya, yaitu :
1. Busungkan dada abnon dan busungkan perut abnon condong kedepan, sehingga akan terasa bahwa bagian belakang atau punggung abnon dalam posisi melengkung lurus, dan ingat tetap fokus kedepan dan tetap genggam handle motor. Tahan posisi ini selama setengah atau 1 menit, dan abnon bisa mengulangi gerakan ini 3x. Gerakan ini berfungsi untuk meluruskan kembali tulang punggung abnon dan untuk merilekskan otot otot bagian belakang punggung abnon.
2. Kalau abnon sudah merasa pegal ataupun capek, sempatkan untuk istirahat sejenak. Abnon bisa memilih untuk berhenti di SPBU terdekat, minimarket, tempat makan atau bahkan tempat peribadahan (masjid/musola).
3. Dan terakhir, ada baiknya abnon yang menggunakan sepeda motor dalam perjalanan jauh, sempatkanlah untuk berhenti sejenak, setiap 2-3 jam sekali, untuk merileksasikan otot-otot badan abnon.
Selamat mencoba!!
(PB)
Sumber : www.kompasiana.com
0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *