Cari Karyawan untuk Rumah Makan

1. Jujur dan Bertanggung Jawab
Setiap orang yang tentu wajib memiliki sifat jujur dan bertanggung jawab atas tugas yang diberikan kepada mereka. Karena jika orang tersebut tidak jujur, meskipun dia ahli dalam bidangnya hal ini dapat merugikan bisnis Anda. Kenapa? karena tentunya Anda tidak ingin tiba-tiba karyawan yang Anda percaya menyembunyikan bahan makanan atau bumbu untuk dibawa pulang.

2. Rajin Bekerja dan Penuh Semangat
Saat rumah makan Anda semakin dikenal dan ramai maka tenaga kerja yang rajin dan bersemangat wajib dimiliki disini. Selain dikejar dengan tugas yang mendesak, target untuk melayani konsumen secara maksimal menjadi kunci keberhasilan dari bisnis rumah makan atau restoran. Cari karyawan yang profesional harus mengerti bagaimana cara memanejemen waktu sebaik mungkin dan ini biasanya dimiliki oleh mereka yang rajin bekerja, disiplin dan penuh semangat.

3. Senang Hidup Bersih
Saat mencari karyawan, carilah orang yang terbiasa dengan kondisi bersih dan mendadak dia bisa sangat risih jika melihat ada hal yang kotor di depan dia. Kalau menemukan kandidat seperti ini berarti Anda owner rumah makan yang beruntung. Baik dari segi kebersihan lingkungan dan kebersihan masakan, dua-duanya harus dijaga di area bisnis Anda. Cari Karyawan yang suka kebersihan dan kesehatan tidak akan sembarangan saat memasak dan mengelolah menu masakan untuk para pelanggan.

4. Mempunyai Hobi dan Kemauan Memasak
Jika menjalankan bisnis rumah makan, saat cari karyawan terutama dibagian koki, pilihlah kandidat yang memiliki hobi memasak. Anda tentu tidak akan merekrut orang yang malas memasak atau bahkan tidak bisa memasak, karena justru akan menghambat bisnis Anda. Merekrut karyawan yang cinta dengan hobinya merupakan investasi terbaik untuk bisnis rumah makan, restoran, cafe, bistro ataupun warung Anda.

5. Memiliki Latar Belakang Pendidikan Terkait Usaha Makanan
Cara merekrut karyawan profesional untuk rumah makan adalah dengan mencari kandidat lulusan Jurusan Tata Boga, Jurusan Seni Kuliner, Baking and Pastry Art, Jurusan Bisnis Kuliner, Jurusan Teknologi Pangan, Jurusan Gizi, Jurusan Manajemen Kuliner dan lainnya yang sejenis. Melalui pendidikan formal ini, mereka memiliki kelebihan ilmu yang siap untuk diterapkan di dunia kerja baik untuk usaha rumah makan, warung, kedai, cafe, bistro dan restoran. Kriteria cari karyawan dengan background lulusan SMA/SMK/Sarjana ini biasanya menjadi syarat bagi pemilik bisnis rumah makan yang sudah berkembang dan besar karena memang ingin mendapatkan karyawan yang professional.

Sumber : www.karirpad.com