Cara Menghilangkan Kram Perut

                 Sumber Foto : www.hellosehat.com

1. Konsumsi coke dan garam, dan tempelkan panas.

Kram terjadi ketika otot rahim berkontraksi untuk mengeluarkan darah haid. Rasa nyeri yang terjadi pada rahim bisa diobati seperti ketika Anda mengobati masalah otot yang lain, misalnya otot hamstringyang tertarik atau leher yang tegang. Coke dan garam bisa membantu mengalihkan perhatian sehingga rasa nyeri akan berkurang. Penggunaan panas dalam beberapa bentuk juga bisa meringankan nyeri karena kram, karena panas membuat otot menjadi relaks dan meringankan nyeri dalam waktu cepat (tidak permanen).

  • Gunakan bantalan pemanas (heating pad) atau botol yang diisi air panas. Berbaringlah dan tempatkan bantalan pemanas atau botol berisi air panas pada area yang sakit. Beristirahatlah selama kira-kira 20 menit hingga setengah jam dan biarkan panas menjalankan fungsinya.
  • Mandilah dengan air hangat. Isilah bak mandi dengan air hangat dan rendam diri Anda di dalamnya.Taburkan beberapa manik-manik mandi (bath bead) lavender atau mawar, atau minyak esensial agar Anda bisa lebih relaks.

2. Pijat diri Anda sendiri.

Cara lain yang juga bagus untuk menenangkan otot yang tegang adalah dengan pijatan. Pijat dengan lembut area yang sakit. Pijat area tersebut selama beberapa menit. Jagalah agar tubuh tetap relaks ketika Anda melakukan pijatan.

  • Anda bisa memijat bagian punggung atau perut. Berfokuslah di area yang terasa paling menyakitkan.
  • Agar bisa lebih relaks, mintalah pasangan untuk memijat Anda. Beritahu dia agar tidak memijat terlalu kuat.

3. Raciklah obat herbal.

Beberapa herbal dari alam telah lama digunakan orang untuk meringankan kram karena haid. Seduhlah satu teko teh yang berisi salah satu dari herbal berikut ini dan hiruplah dengan perlahan-lahan agar nyeri Anda hilang untuk sementara waktu. Pergilah ke apotek atau toko herbal, dan cobalah beberapa herbal berikut ini:

  • Daun raspberry. Teh raspberry mempunyai aroma yang menyenangkan dan diketahui bisa meredakan kram.
  • Cramp bark. Herbal ini membuat rahim menjadi relaks dan bisa meredakan nyeri.
  • Dong Quai. Bahan ini digunakan untuk berbagai tujuan karena bisa menenangkan sistem saraf secara efektif.

4. Minumlah obat penghilang nyeri.

Salah satu cara efektif untuk menyingkirkan kram adalah dengan meminum obat tanpa resep dokter. Obat antiradang nonsteroid atau NSAID (Non-steroidal anti-inflammatory) misalnya ibuprofen dan Tylenol bekerja dengan cepat untuk menyingkirkan nyeri. Obat-obatan ini bisa didapatkan di hampir semua toko obat.

  • Sejumlah obat nyeri dirancang secara khusus untuk menghilangkan kram haid dan nyeri haid yang lain. Carilah obat yang mengandung acetaminophen.
  • Minumlah sesuai dosis yang disarankan dalam kemasan. Apabila rasa nyeri tidak hilang selama sekitar satu jam, gunakan cara lain untuk menghilangkan nyeri, bukan dengan menambah dosisnya.

Jika kram tidak kunjung sembuh juga, segera pergi ke dokter untuk mendapatkan pertolongan medis.

Sumber : www.id.wikihow.com