Cara Mencuci Masker Kain Yang Benar

Sumber Foto : www.holamigo.id

Sejak pandemi Covid-19 melanda, sejumlah peneliti telah mempelajari tentang berapa lama virus corona bisa bertahan hidup di permukaan. Sebuah laporan baru yang diterbitkan di The Lancet menyebutkan, virus masih bertahan di lapisan terluar masker hingga tujuh hari.

“Yang mengejutkan, kami masih mendeteksi virus yang terdapat di lapisan terluar masker bedah pada hari ketujuh,” tulis para peneliti. Para peneliti juga menyebutkan bahwa berbagai jenis disinfektan dapat digunakan untuk membunuh virus corona baru.

Masker dari kain jelas lebih rentan terhadap virus. Ahli kesehatan dari College of Health Professions, Rodney Rohde mengatakan, kain katun tidak dirancang untuk sepenuhnya menyaring partikel virus. “Tapi, itu [masker kain] tetap memberikan perlindungan bagi individu tanpa gejala,” ujarnya, mengutip Huffington Post.

Untuk itu, mencuci masker harus dilakukan sesering mungkin. Center for Disease and Prevention Control (CDC) Amerika Serikat merekomendasikan untuk mencuci masker setidaknya sekali dalam sehari. 

Anda juga disarankan untuk menggunakan deterjen dan senyawa disinfektan lainnya untuk mencuci masker. “Disinfektan dan bahan aktif lainnya lebih efektif membunuh mikroba daripada deterjen standar,” kata Rohde.

Sumber : www.cnnindonesia.com