Cara Membersihkan Tumpahan Oli di Garasi

Sumber Foto : www.picluck.net

1.Serap oli yang ada permukaan dengan pasir.

Pasir yang dapat dibeli dengan harga murah ini akan menyerap oli yang baru saja tumpah sebelum oli meresap ke permukaan lantai. Tutup seluruh permukaan yang terkena tumpahan dengan pasir dan tekan-tekan ke bagian yang beroli dengan sikat. Tunggu 24 jam agar pasir menyerap oli.

2.Buang pasir yang telah digunakan.

Sapu pasir dan masukkan ke dalam wadah besi yang kedap udara tanpa lapisan plastik. Periksa peraturan setempat untuk mengetahui bagaimana cara membuang bahan yang mudah terbakar ini. Ada beberapa jasa pengumpulan sampah yang bersedia mengambil wadah yang berisi limbah oli ini, ada pula yang meminta Anda untuk membawa wadah ini ke tempat pembuangan sampah yang khusus untuk limbah berbahaya.

3.Semprotkan sabun cuci piring di atas noda.

Biasanya, oli yang telah terserap oleh pasir akan meninggalkan sedikit noda pada permukaan beton. Semprotkan sabun cuci piring biasa ke atas noda ini.

4.Tambahkan air panas.

Tuangkan sedikit air panas dan campurkan ke dalam sabun sehingga sabun dapat dituangkan dengan mudah. Tuangkan campuran ini di atas noda oli sampai sabun menutupi seluruh noda seperti suatu lapisan yang tipis.

5.Sikat seluruh bagian yang ternoda.

Anda harus bekerja keras untuk memasukkan sabun ke seluruh permukaan yang terkena oli, terutama bila oli telah meresap ke dalam. Gosok dengan sikat yang kaku sampai sabun mengeluarkan banyak busa.

6.Serap permukaan yang telah disikat setelah 10–60 menit.

Tunggu paling tidak 10 menit agar sabun dapat mengangkat oli atau sampai 60 menit untuk noda yang berat. Bila telah siap, serap cairan sabun yang telah kotor dengan menggunakan pasir, tisu atau busa penyerap sekali pakai. Buang bahan-bahan yang telah terkena oli seperti cara Anda membuang pasir yang mengandung limbah oli yang telah dijelaskan sebelumnya.

7.Ulangi bila perlu.

Pembersihan tumpahan oli kerap perlu diulang dua atau tiga kali untuk benar-benar menghilangkan oli dari permukaan. Jika noda masih terlihat gelap atau tidak hilang setelah digosok, coba gunakan produk khusus yang berbahan kimia.

Selamat mencoba!!!

Sumber : www.id.wikihow.com