Cara Bantu Kamu Mengingat Materi Belajar dalam Semalam

1. Fokus pada materi yang dipelajari

Ketika kamu hanya punya waktu sedikit untuk belajar maka fokuslah pada materi yang dipelajari. Kamu bisa membaca kembali buku sumber dari mata pelajaran yang diujikan. Tandai bagian penting yang sekiranya akan keluar dalam soal.

2. Visualisasikan materi dengan kehidupan sehari-hari

Agar materi yang dipelajari dapat diingat dengan mudah kamu perlu menvisualisasikannya dalam pikiran. Kamu bisa menghubungkan materi-materi pelajaran tersebut dengan apa yang ada di sekitarmu.

3. Jauhkan diri dari media sosial

Salah satu godaan terbesar di era yang makin canggih ini adalah sosial media. Kehadirannya bisa menyita banyak waktumu yang sebenarnya bisa dimanfaatkan untuk mengerjakan hal lain termasuk belajar. Nah, agar pikiranmu tidak terganggu saat belajar maka jauhkan semua gadget yang kamu punya agar aksesmu pada sosal media bisa berkurang.

4. Selingi belajar dengan musik instrumental

Saat belajar terkadang rasa bosan datang mendekat. Kebosanan ini bisa menyurutkan semangatmu mempelajari materi yang akan diujikan esok. Apalagi, waktu belajar yang kamu punya sangatlah sedikit.

Untuk mengantisipasi hal tersebut ada baiknya kamu memutar lagu-lagu untuk membunuh rasa suntuk. Lagu yang diputar pun sebisa mungkin berupa instrumental. Ini dimaksudkan agar kamu tetap fokus belajar dan tidak terbawa suasana oleh lagu yang dirimu dengarkan.

5. Ambil waktu istirahat sejenak

Waktu belajar yang mepet bukanlah alasan bagi dirimu untuk memforsir otak bekerja begitu keras. Kamu juga perlu istirahat sejenak di sela-sela belajar semalaman. Ambilah waktu setiap 30 menit sekali untuk beristirahat.

Bersantailah selama lima hingga tujuh menit untuk melepas penat. Dengan begitu, otak dan tubuhmu akan kembali segar serta siap menerima materi yang dipelajari.

6. Jaga asupan gizi dan cairan tubuh

Ketika terjaga saat malam ditambah harus belajar materi untuk ujian tubuhmu pasti memerlukan energi. Energi yang dipakai harus pula diimbangi dengan asupan gizi dan cairan yang baik.

Kamu bisa mengonsumsi air mineral dan buah-buahan untuk menjaga tubuhmu dalam kondisi prima. Selain itu, dirimu dapat mengonsumsi cokelat sebagai pengganti kopi. Beberapa studi dari para ahli telah membuktikan bahwa cokelat membantu meningkatkan kemampuan otak.

Sumber : www.idntimes.com