Cara Aman Berkendara Saat Banjir

                Sumber Foto : Tribun Kaltim

Instruktur Utama Jakarta Defensive Driving Consulting (JDDC), Jusri Pulubuhu mengatakan salah satu yang harus diperhatikan ialah :

  1. Tetap menjaga jarak aman antara genangan dengan saluran pembuangan atau knalpot.

    Menjaga jarak, akan menjadi warning untuk membatasi air untuk tidak terlalu lama atau menyentuh sistem utama pada kendaraan. Pasalnya, beberapa komponen utama memiliki letak lebih rendah daripada knalpot kendaraan itu sendiri.

  2. Pengendara diharapkan juga tetap menjaga laju kendaraan, sesaat memasuki area genangan banjir. Menurutnya, jika terlalu kencang, cipratan yang ditimbulkan akan membuat air masuk ke dalam ruang mesin dan menimbulkan sordcart.
  3. Usai melintas genangan banjir, kondisi kendaraan akan mengalami basah. Beberapa sistem, seperti pengereman dipastikan tidak akan berfungsi optimal. Pengemudi harus menunggu beberapa saat agar sistem kembali seperti semula.

        Beberapa cara dapat segera dilakukan, jika pengendara ingin segera mengemudikan kendaraannya seperti semula. Kata Jusri, dengan memancing atau membuat gesekan pada rem akan mempercepat pengeringan disk brake.

Sumber : www.cnnindonesia.com

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *