Budayawan Krayan untuk Budaya Dayak

Sumber Foto : www.detik.com

Suku Dayak Lundayah merupakan suku asli yang menghuni wilayah Krayan, Kalimantan Utara. Mereka di sana masih menggunakan adat dalam mengatur masyarakat.

Tak dimungkiri, perkembangan zaman dan teknologi juga berdampak kepada kawasan di Dataran Tinggi Borneo ini. Mau tidak mau mereka harus berjuang dan bertahan memperkenalkan adat dan budaya mereka ke generasi muda supaya tidak hilang.

Salah satunya adalah dengan membangun Rumah Budaya Krayan. Sebuah rumah tradisional ala Dayak Lundayah yang berfungsi sebagai tempat memperkenalkan budaya dan adat Dayak kepada generasi muda. Termasuk di dalamnya kepada wisatawan.

“Rumah ini dibangun tahun 2010 dan diresmikan 2011 lalu. Adapun fungsi rumah ini adalah sebagai pusat untuk generasi muda melestarikan tradisi dan budaya khususnya Dayak Lundayah dan langsung dikelola oleh forum adat” ungkap Eliyas Yesaya, Ketua Komisi Seni Budaya, Forum Masyarakat Adat Dataran Tinggi Borneo (FORMADAT) kepada detikcom beberapa waktu lalu.

Perkembangan dan pembangunan Rumah Budaya Krayan ini tidak lepas dari peran WWF Indonesia. Juga untuk memperknal Dayak Lundayah, mereka juga diikutkan dalam beberapa acara lokal dan internasional.

Sumber : www.travel.detik.com