Shin Tae Yong Tergoda PSSI

Sumber Foto : www.cnnindonesia.com

Shin Tae Yong belum menunjukkan kinerja menangani Timnas Indonesia di turnamen resmi dari senior hingga usia muda. Salah satu faktor utama karena pandemi virus corona (Covid-19) yang membuat agenda sepak bola vakum.

Tentu akan terasa aneh bagi PSSI jika akhirnya sampai memecat Shin Tae Yong. Apabila PSSI menggunakan alasan indisipliner lantaran Shin Tae Yong belum juga bersedia datang juga akan menjadi bumerang bagi PSSI.

Pelatih asal Korea Selatan itu bakal menggunakan alasan kuat grafik pandemi Covid-19 di Indonesia yang tak kunjung landai.

Meski demikian, Shin Tae Yong bukan tanpa kesalahan. Satu-satunya blunder pelatih Timnas Korea Selatan di Piala Dunia 2018 itu adalah tergoda PSSI untuk melatih Timnas Indonesia.

Entah dia belum sempat mempelajari rekam jejak buruk PSSI terhadap pelatih asing atau mengabaikannya. Tetap saja, Shin Tae Yong telanjur masuk dalam ‘lingkaran setan PSSI’.

Satu hal yang seharusnya bisa dipelajari Shin Tae Yong bahwa masa bulan madu di Timnas Indonesia terlalu singkat. Setidaknya demikian yang dialami sejumlah pelatih asing sebelum Shin Tae Yong berstatus pelatih Timnas.

Sebut saja deretan nama seperti Peter Withe, Ivan Kolev, Alfred Riedl, Piter Huistra, Luis Manuel Blanco, hingga Luis Milla asal Spanyol.

Di antara mereka punya nama besar, bahkan sarat prestasi, setidaknya di Asia Tenggara. Niat hati mewujudkan mimpi indah di Merah Putih, yang terjadi malah mendapat perih.

Sumber : www.cnnindonesia.com