Benarkah Bayi yang Lahir di Bulan Mei Tergolong Paling Sehat??

Penelitian yang dilakukan oleh Nicholas Tatonetti, PhD dan ahli lain dari Columbia University Medical Center (CUMC) mengungkapkan bahwa bulan kelahiran dapat memberi tahu seseorang mengenai penyakit yang mungkin dimilikinya terkait faktor lingkungan. Di musim atau bulan tertentu, faktor lingkungan seperti polusi udara, asap rokok, dan lainnya dapat memengaruhi perkembangan janin di dalam kandungan.

Sebagai contoh, bayi yang lahir di musim panas lebih mungkin untuk mengembangkan asma. Sedangkan bayi yang lahir di sepanjang musim dingin memiliki risiko lebih tinggi untuk terkena flu. Hasil penelitian ini dipublikasikan dalam Journal of American Medical Informatics Association.

Melansir Big Think, Senin (22/1/2018), tertulis di laporan jikalau bayi yang lahir antara bulan Februari hingga Juli cenderung tidak mengalami penyakit tertentu. Lain halnya dengan bayi yang lahir antara September hingga November yang memiliki risiko tertinggi. Sedangkan untuk bayi paling sehat adalah mereka yang lahir di bulan Mei. Namun untuk yang lahir di bulan Oktober diklaim menjadi bayi paling tidak sehat.

Hasil ini didapatkan setelah peneliti menganalisis 1.688 penyakit dan merujuk silang dengan catatan kelahiran serta riwayat medis dari 1,7 juta pasien. Peneliti mengembangkan metode komputasi sendiri untuk menilai data dan mencapai kesimpulan. Dari hasil analisis ditemukan fakta bahwa sebanyak 55 penyakit memiliki korelasi kuat dengan bulan kelahiran seseorang.

 

Sumber : www.lifestyle.okezone.com

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *