Belajar SBMPTN

Sumber Foto : Okezone News

STEP 1 : Coba kerjain soal SBMPTN tahun lalu

Kenapa langkah pertama langsung ngerjain soal? Simply for testing the water! Maksudnya supaya kamu tau dulu tingkat kesulitan soal-soal SBMPTN itu kayak gimana dan kamu juga jadi bisa kira-kira udah sejauh mana kesiapan (atau ketidaksiapan) kamu sampai dengan saat ini.

STEP 2 : Evaluasi kesiapan

Setelah kamu coba ngerjain satu set kumpulan soal SBMPTN, pastinya kamu udah bisa kebayang kira-kira soal semacam apa sih yang akan kamu hadapi.

STEP 3 : Elaborasi bahan materi review

Setelah kamu udah nyobain ngerjain SBMPTN tahun lalu dan evaluasi kesiapan/ketidaksiapan kamu, langkah selanjutnya adalah mengelaborasi seluruh bahan materi yang perlu kamu pelajari. Artinya, kamu coba kupas tuntas sebenernya bahan materi SBMPTN di setiap mata pelajaran itu sebanyak apa sihApa betul bahan materi SBMPTN itu pada dasarnya seluruh bab kelas 10–12 SMA untuk semua mata pelajaran?

STEP 4 : Buat jadwal review materi

Langkah berikutnya setelah kamu ngejabarin semua bahan materi yang perlu kamu ubek-ubek adalah : BUAT JADWAL BELAJAR !

STEP 5 : Review materi

Oke, akhirnya kita masuk ke bagian yang paling penting dari seluruh step yang udah dijalanin, for short intinya di tahap ini adalah melakukan jadwal yang udah kamu buat yaitu : BELAJAR… BELAJAR dan BELAJAR !!

Dan jangan lupa buat nge-review materi pelajaran yang sudah kamu pelajari yaa.

STEP 6 : Try Out mandiri

Nah, di tahap ini, kamu boleh coba latihan soal campuran atau singkatnya try out SBMPTN !

Caranya terserah kamu, bisa dengan cara kerjain ulang soal SBMPTN tahun-tahun lalu yang udah tersedia di buku-buku latihan atau mungkin juga dengan ikut try out di luar (biasanya banyak tuh lembaga yang nyelenggarain try out gratis SBMPTN).

STEP 7 : Evaluasi kelemahan

Nah setelah lo try out ulang, baru kamu evaluasi lagi deh hasilnya.

Dari evaluasi ini, kamu bisa tau dimana kelemahan kamu, dari situ kamu coba balik lagi deh ke step 5 dengan review kembali materi tersebut dan latihan variasi soal terus-terusan sampai kamu membuat kelemahan kamu jadi insignifikan.

Sumber : www.zenius.net

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *