Bawaslu Kesulitan Awasi Kampanye

bgdrlukapxSejumlah problem masih terjadi dalam masa kampanye pasangan calon kepala daerah di Tanah Air. Masalah utama terkait dengan administrasi kampanye karena rata-rata mereka tidak memberi tahu kapan dan seperti apa kampanye yang akan dilakukan.

Hal itu membuat Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Provinsi atau Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) kabupaten/kota kesulitan mengawasi kampanye yang dilakukan pasangan calon.

Menurut anggota Bawaslu RI Daniel Zuchron, Komisi Pemilihan Umum (KPU) memang tidak mengatur jadwal dan bentuk kampanye untuk didaftarkan secara administratif ke Komisi Pemilihan Umum daerah (KPUD).

Dia pun menyampaikan bila masalah tertib administrasi tersebut sampai dua bulan masa kampanye masih berlanjut, hal itu akan dibicarakan di tingkat nasional.

Mengenai dugaan pelanggaran politik uang selama masa kampanye di 101 daerah yang menggelar pilkada, Daniel mengatakan sampai saat ini masih belum ada laporan.

Sementara itu, komisioner Bawaslu DKI Jakarta Muhammad Jufri mengutarakan ada 18 laporan pelanggaran kampanye yang teregistrasi di Bawaslu provinsi maupun Panwaslu kabupaten/kota di DKI Jakarta.

Bawaslu DKI akan memproses laporan pelanggaran kampanye tersebut selama lima hari. Jika hasilnya ialah pelanggaran administrasi, akan diteruskan ke KPU DKI. Namun, jika hasilnya pelanggaran tindak pidana, akan diteruskan ke kepolisian.

(PB)

Sumber : www.pilkada.metrotvnews.com

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *