Balapan Berkuda di Pantai, Tradisi Unik Masyarakat Irlandia

Pernahkah melihat perlombaan balapan berkuda? Pastinya sering, baik secara langsung maupun melalui layar televisi. Namun, Anda pasti jarang menemukan tradisi balapan berkuda yang dilakukan di atas pasir pantai.

Ini adalah salah satu tradisi unik perayaan Natal di pesisir pantai Atlantik barat daya Irlandia. Masyarakat Ballyheigue berkumpul dan bertarung dengan angin liar pantai untuk mengikuti perlombaan Natal tahunan.

Dilansir dari Reuters, tradisi balapan kuda yang dilakukan di pantai adalah tradisi yang familiar dilakukan di County Kerry. Para peserta menghadapi angin kencang yang sangat dingin. Perlombaan juga dilakukan saat air pasang.

Menurut penduduk setempat, acara tersebut pertama kali dilaksanakan pada tahun 1850an. Hingga kini mereka masih dipercaya menjadi tuan rumah acara tahuan tersebut.

“Tradisi ini lebih dari apapun. Tradisi yang sangat penting bagi orang Irlandia,” kata Donal O’Sullivan pria berusia 70 tahun. O’Sullivan berasal dari Listowel, ia salah satu dari sukarelawan yang membantu menyiapkan pantai untuk menjadi tempat berlangsungnya acara tersebut.

Ia dan banyak rekan sukarelawan lainnya menyiapkan berbagai kebutuhan lomba seperti membersihkan rumput laut, menyiapkan pengeras suara dan memasang balok pacuan untuk kuda dan jokinya nanti.

Para peserta menurut keterangan biasanya datang dari berbagai daerah di seluruh Irlandia.

Tradisi balapan kuda pantai tersebut menurut O’Sullivan sangat berarti karena menjadi hiburan mengasikkan untuk mengisi waktu libur panjang mereka.

Sumber : nusantaranews.co

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *