Bakat Menulis Anak Bangsa Makin Keren

Abang none, dalam rangka terus mengembangkan seni melukis anak bangsa, serta jelang perhelatan event Basoeki Abdullah Art Award ke 3 (BAAA#3) tahun 2019 ini. Bertempat di Museum pelukis Maestro Indonesia – Basoeki Abdullah di kawasan Fatmawati Jakarta selatan, digelar Lomba Melukis Ganesha tingkat SMA/Sederajat Se-Jabodetabek (Selasa 23 April 2019) yang juga merupakan event agenda tahunan.

Kegiatan ini diikuti dari perwakilan SMA se jabodetabek yang telah diseleksi oleh sekolah masing-masing dan memiliki bakat melukis yang baik. Dan mereka yang melukis dengan baik akan memperoleh hadiah Uang Tabungan, Trophy dan Sertifikat,  dengan terlebih dulu dinilai oleh juri, diantaranya Bapak Drs. Joko Madsono, M.Hum (Mantan Kepala Museum Basoeki Abdullah), Bapak Drs.Edi Fauzi, S.Sn dan Bapak Harono Wibowo, S.Sn (Pelaku dan pemerhati seni).

Hadir pula dalam Lomba Lukis Ganesha SMA Sejabodetabek ini adalah Ibu Dedah Rufaedah Sri Handari selaku Kepala Sub Direktorat Pelestarian Cagar Budaya dan Permusiuman – Kemendikbud RI. Ibu Dedah bilang, Lomba lukis SMA ini adalah luar biasa dan Museum Basoeki Abdullah sudah menjalankan perannya sebagai lembaga riset, lembaga pendidikan dan lembaga rekreasi yang memang didukung oleh UU Pemajuan kebudayaan, sehingga masyarakat harus terus-menerus bersinergi dengan museum dalam melakukan program-program kepada public yang berkaitan dengan kebudayaan. Dan lomba ini lanjut Dedah adalah moment yg sangat baik selain memberikan wawasan ilmu kepada para siswa/i untuk lebih berkarya, serta berharap karya yang terbaik akan memotivasi siswa-siswi dalam mencintai seni sehingga dapat menghasilkan pundi-pundi rupiah ke depannya, apabila sebuah seni ditekuni dan digluti dengan serius . Dan lomba lukis Ganesha tingkat SMA Sejabodetabek ini adalah rangkaian jelang perhelatan event Basoeki Abdullah Art Award yang ke 3 ditahun 2019 ini.

Ibu Dedah Rufaedah Sri Handari selaku Kepala sub Direktorat Pelestarian Cagar Budaya dan Permusiuman – Kemendikbud RI juga sangat mengapresiasi kegiatan BAAA#3 tersebut, sebab sosok maestro pelukis Basoeki Abdullah adalah sosok yang luar biasa- pelukis Nasional yang pemikiran dan karya-karyanya dituangkan dalam bentuk seni lukis yang sangat cerdas.
Sementara itu juri yang Mantan kepala Musium Basoeki Abdullah, Bapak Drs. Joko Madsono, M.Hum bilang, dirinya kagum atas kegiatan lomba lukisi antar SMA Se-jabodetabek ini, karena Musium Basoeki Abdullah sejak awal berdiri telah memberikan sarana dan prasarana yang mendidik bagi generasi bangsa dari mulai anak TK, SD,SMP, SMA hingga kaum Millenial yang diharapkan dapat membangun karakter seni lukis yang baik bagi anak bangsa, dan hal inilah yang terus dikembangkan Kemendikbud RI agar tidak putus bakat melukis anak bangsa.

Kepala Musium Basoeki Abdullah Ibu Maeva Salmah, disela-sela Lomba Lukis Ganesha tingkat SMA sejabodetabek mengajak anak-anak negeri ini untuk mengenal terus seni melukis yang baik, dengan mau belajar atau terus mengasah bakat dan mau mengunjungi Musium pelukis Maestro Basoeki Abdullah, karena dengan belajar dan ikut workshop kegiatan seni melukis, berbagai hambatan melukis bisa dipelajari dengan banyak median, bisa melalui Daun, Kanvas, Kertas atau Bahan cat yang terbuat dari Kopi, serta masih banyak lagi.

Sumber : Kemendkbud RI – Aldin