Ayo Tingkatkan Kewaspadaan Demam Berdarah

Siapa yang kepengen sehat ? jawabannya udeh pasti semua ingin sehat. Namun terkadang, dengan rutinitas kesibukan kita, kurang memperhatikan pula lingkungan sosial sekitar dan bahkan kebersihan di rumah sendiri. Sehingga lagi-lagi penyakit pasca Musim Hujan yaitu Demam berdarah dengue dapat diidap siapa saja akibat gigitan Nyamuk Aides Aegyti. Karnanya Kementrian kesehatan RI melalui Dinas-dinas Kesehatan di berbagai wilayah dan propinsi, berbagai sektor kesehatan dan bahkan hingga masyarakat, diajak selalu menggelorakan PSN atau Pemberantasan sarang nyamuk.

Tahun 2019 saja data yang masuk sampai tanggal 29 Januari udeh mencapai angka 13.700 an orang penderita Demam berdarah dari 34 propinsi dengan 132 kasus diantaranya meninggal dunia. Angka ini lebih tinggi dari januari tahun 2018 lalu yaitu penderita sebanyak 6.170 dan meninggal 43 kasus. Sungguh membuat kite kudu Waspada ye tahun 2019 ini ?

Pada awal 2019 ini aje tercatat di beberapa daerah melaporkan KLB DBD atau kejadian luar biasa Demam berdarah dengue diantaranya di Kota Manado (Sulawesi utara) dan 7 kabupaten/Kota di nusa tenggara timur (NTT) yaitu Sumba Timur, Sumba Barat, Manggarai Barat,ngada. Timor tengah selatan, Ende dan Manggarai timur.

Nah yuk sebagai masyarakat yang ingin sehat keluarga dan lingkungan sekitar, Segeralah GERMAS gerakan masyarakat sehat dengan PSN, pedulilah dengan Demam berdarah, yang disebabkan oleh gigitan Nyamuk Aedes Aegypti ini, dengan cara 3M – 1.Menguras penampungan air di sekeliling kita, yang busa menyebabkan nyamuk bertelur dan berkembang biak, 2. Menutup Tempat tempat penampungan air. 3. Memanfaatkan kembali dan mendaur ulang barang bekas, jika tidak terpakai dapat dikubur, agar potensi nyamuk bersarang dapat dicegah. Mudah kan ?

Demam berdarah yang di-idab manusia tidak selalu mengalami bintik-bintik merah, jika demam tinggi mendadak sepanjang hari, nyeri kepala, nyeri menggerakkan bola mata dan nyeri punggung, serta kadang disertai pendarahan,segeralah berobat, apalagi disertai sakit di ulu hati. Tindakan awal berupa segeralah banyak minum air bening sekurangnya 2 liter perhari, Istirahat, kompres hangat, bila demam tinggi berilah Paracetamol. Bila 2-3 hari maih panas tinggi disertai muntah, makin lemas, mimisan dan juga Gusi berdarah. Segeralah dibawa ke RS/Klinik terdekat. Jangan sampai terlambat !! bisa fatal akibatnya.

Yuk Hidup sehat, hindari Demam Berdarah Dengue.

Sumber : Aldin-Kemenkes RI