Atasi Batuk dengan Obat Tradisional

1. Satu sendok makan madu

Studi yang dilakukan oleh Penn State College of Medicine, menemukan bahwa madu bekerja lebih efektif melenyapkan batuk lebih dari obat yang dijual bebas di pasaran. Madu dapat menenangkan iritasi pada tenggorokan. Enzim yang dihasilkan lebah ketika mereka memanen madu, juga bersifat antibakteri dan mampu mempersingkat masa sakit batuk Anda.

2. Teh akar tanaman licorice

Akar licorice memiliki ekspektoran dan penawar rasa sakit, sekaligus menipiskan mukosa yang memberatkan pernapasan. Licorice juga mampu menghambat enzim 11beta-hidroksisteroid dehidrogenase. Enzim ini mengatur akses glukokortikoid (sejenis hormon steroid) pada reseptor steroid, dengan cara memperlambat konversi kortisol ke kortison, yang akhirnya menimbulkan efek antiradang.

3. Berkumur dengan air garam

Air garam dapat meringankan ketidaknyamanan yang disebabkan oleh batuk. Ketika konsentrasi garam di luar sel lebih tinggi dari konsentrasi di dalam selaput lendir, air akan mengalir keluar dari sel untuk menyeimbangkan semuanya. Ketika air meninggalkan sel, pembengkakan dan rasa tidak nyaman akan berkurang. Air garam akan membantu mengeluarkan dahak yang membandel.

4. Rimpang jahe

Jahe, baik jahe biasa maupun jahe merah, telah lama dikenal sebagai obat pereda gejala flu dan batuk. Berdasarkan hasil penelitian, jahe mengandung minyak atsiri, terpenoid zingiberol, gingerol dan shogaol. Semuanya ini merupakan senyawa yang sama khasiatnya dengan obat batuk buatan pabrik farmasi. Bahkan, sekarang ini, sudah banyak produsen obat yang menggunakan ekstrak jahe sebagai campuran obat batuk produksinya.

5. Lada dan Madu

Saat hidung Anda kemasukan serbuk lada, Anda akan bersin-bersin. Ini adalah hal yang bagus, karena bersin berarti mengeluarkan kotoran yang ada di saluran pernapasan Anda. Madu bersifat antibakteri dan mengurangi iritasi saluran napas. Kombinasi lada dan madu, dipercaya ampuh digunakan untuk meredakan batuk sekaligus membersihkan jalan napas.

Sumber : www.lifestyle.kompas.com