Apakah benar ngecharge hp di motor bikin aki tekor?

Mukti Abdul Rahman, Technical Training Instructure PT Wahana Makmur Sejati menyebutkan, “Stop kontak di All New Honda Scoopy itu hanya sebagai Power Outlet 12VDC, jadi kalau ingin meng-charge handphone atau gadget lainnya harus melalui USB car charger dahulu. Fungsinya untuk menyesuaikan tegangannya, karena perangkat HP atau gadget biasanya butuh tegangan 5Volt DC.”

Nah, sekarang apakah benar kalau kita meNgecharge hp di motor bikin aki tekor? Yuk simak selengkapnya :

Mukti Abdul Rahman, Technical Training Instructure PT Wahana Makmur Sejati menyarankan:

  • Lakukan charging saat motor,  mesinnya menyala atau saat sambil berkendara ke tempat tujuan. Karena, perangkat Power Outlet itu langsung terhubung dengan aki, tidak melalui kunci kontak dahulu. Sehingga jika mesin tidak sedang menyala saat charging, dikhawatirkan akinya drop.
  • Jangan lupa ketika parkir, semua perangkat dilepas dan diamankan, sebab kompartemen charging HP di motor, salah satunya di Honda Scoppy tidak dilengkapi dengan kunci pengaman.
  • Jangan terlalu sering untuk mencharge di motor, ini bisa dilakukan dalam keadaan darurat saja. Hal ini, dilakukan agar aki motor tetap awet.
  • Dan jangan takut kalau jika terjadi konsleting listrik, karena kompartemen tempat charging HP contohnya di Scoopy itu cukup aman dari kotoran dan hujan, karena dilengkapi tutup dan memliki list yang dilengkapi gutter atau semacam coakan memanjang yang bisa mencegah air masuk.

Sumber : www.naikmotor.com

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *