Anak Indonesia Hebat

Abang none, bangsa yang besar adalah yang juga menghargai sejarahnya. Banyak cara untuk melestarikan sejarah dan budaya. Semisal digelarnya : Olimpiade Sejarah Nasional 2018 (28-30 Agustus) yang diselenggarain Direktorat Sejarah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) RI dengan maksud untuk meningkatkan kecintaan siswa terhadap sejarah di Indonesia. Sejarah ibarat sapu jagad untuk mengetahui asal mula kejadian atau peristiwa di Indonesia.

Demikian yang dibilang ane Direktur Sejarah Kemendikbud, Triana Wulandari, kepada bensradio di acara penutupan Olimpiade Sejarah Nasional 2018, di Fakultas Ilmu Budaya Universitas Indonesia, Depok, Jawa Barat, Kamis (30/8).

Mpok Triana menambahkan, dari pemantauannya selama dua hari lomba, pihaknya sangat kaget dengan apa yang ditunjukkan siswa didik di lomba tersebut. “Anak-anak sangat luar biasa, ini di luar ekspektasi. Saya bangga dan sekaligus kaget dengan apa yang ditampilkan anak-anak,” kata Triana.

Pihaknya mencontohkan dalam kategori lomba membuat poster dan komik sejarah, menurut juri dari IKJ, apa yang ditampilkan peserta, sangat artistik dan bagus.

Pihaknya membuat Olimpiade ini dimaksudkan untuk mempersatukan para siswa sekaligus meningkatkan kecintaan akan sejarah.

ASIAN GAMES

Mpok Triana juge bilang, olahraga yang saat ini dipertandingkan di Asian Games, dapat diketahui asal-usulnya dari sejarah.

Saat ini pihaknya sedang menyasar guru-guru sejarah agar mampu memenuhi kebutuhan akan guru sejarah di sekolah.

Untuk saat ini, pemerintah sudah menyediakan beberapa referensi dan pendalaman terhadap sejarah.

Saat pembukaan, Dirjen Kebudayaan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Hilmar Farid mengatakan, pihaknya berharap siswa siswi yang ikut dalam olimpiade tumbuh menjadi manusia yang berkarakter solid dan teguh ketika mengarungi kehidupan.

Sumber : KEMENDIKBUD RI

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *