Air Telaga Biru Cisoka

Di balik keindahan telaga ini, ada kisah di balik birunya air telaga. Menurut salah seorang pengelola Telaga Biru Cisoka, Andi, telaga ini bukanlah telaga yang terbentuk secara alami, namun awalnya terbentuk dari sisa penggalian pasir.

“Telaga Biru Cisoka ini awalnya terbentuk dari bekas galian pasir pada tahun 1999-2005 namun karena proses alam membuat bekas penggalian pasir tersebut mulai digenangi oleh air, dan membentuk tiga telaga dengan kedalaman yang berbeda,” kata Andi seperti yang dikutip dari Viva.co.id di Cisoka, Tangerang.

Andi juga bercerita, awalnya telaga ini tidak memiliki warna biru yang jernih seperti sekarang ini. Dulu, airnya terlihat sangat keruh. Namun seiring dengan berjalannya waktu, telaga ini mengalami perubahan warna, menjadi bersih, bening, dan berwarna biru.

Tapi anehnya, pada salah satu telaga, awalnya memiliki warna biru kini berubah menjadi warna hijau dengan sendirinya.

Melihat pemandangan indah yang ditampilkan oleh telaga biru tersebut, membuat para warga Cisoka akhirnya memutuskan untuk menjadikannya sebagai tempat wisata pada mei 2015. Telaga Biru Cisoka dengan keseluruhan luas 4 hektar ini juga dimanfaatkan para warga sekitar sebagai lahan bisnis kecil-kecilan dengan membuka beberapa kedai kopi, sebagai tempat bersantai para wisatawan yang datang.

Andi juga mengatakan saat ini telaga ini dikelola bekerjasama dengan pemerintah setempat agar wisatawan yang datang merasa nyaman.

Sumber : www.viva.co.id

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *