Ada Tombol Panik di Jakarta

Pemprov DKI Jakarta meluncurkan aplikasi sistem keamanan bernama Jakarta Aman. Dalam aplikasi ini, terdapat Panic Button atau Tombol Darurat saat terjadi kejahatan atau meminta bantuan.

Perusahaan pembuat aplikasi ini, PT Jakarta Lebih Aman, menyebut Jakarta menjadi salah satu daerah dengan tingkat kejahatan tinggi. Maka perlu adanya aplikasi untuk merespons cepat masyarakat yang memerlukan bantuan.

“Jakarta Aman, kenapa DKI Jakarta, kita sebagai ibu kota, menurut data BPS, kita tingkat kejahatan tertinggi dibanding provinsi yang lain,” ucap Direktur PT Jakarta Lebih Aman Muhammad Fardhan dalam sambutannya di Balai Kota Jakarta, Selasa (12/3/2019).

Aplikasi Jakarta Aman bisa diunggah di GooglePlay maupun AppStore. Jika pengguna berada di Jakarta, tombol panic button akan berfungsi tanpa perlu KTP DKI Jakarta.

Setelah pengguna menekan panic button atau tombol darurat sekitar tiga detik, operator akan langsung menghubungi pengguna. Lalu petugas terdekat dari BPBD dan instansi lainnya akan segera mendekat ke posisi masyarakat yang meminta bantuan.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan merasa sangat terbantu oleh adanya Jakarta Aman. Masyarakat yang membutuhkan bantuan bisa segera ditolong oleh petugas terdekat.
Anies berharap banyak orang mengunduh aplikasi Jakarta Aman. Dia mewajibkan jajarannya memiliki aplikasi tersebut.

Sumber : www.news.detik.com