5 Tips Sehat Membuat Jus Dirumah

Jus buah dan sayur yang terbukti bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Hal ini tentu akan semakin terdukung dengan cara pembuatan jus yang sehat.

Untuk itu kita perlu mengetahui apa saja tips yang dianjurkan oleh US Food Drug Administration agar jus yang dibuat di rumah tetap sehat, yaitu:

1. Selalu mencuci tangan sebelum membuat jus

Mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir menjadi langkah awal untuk menjaga keamanan pembuatan jus. Pastikan untuk cuci tangan sebelum mempersiapkan atau mengolah bahan baku,

2. Memastikan kematangan buah dan sayur

Buah atau sayur yang matang sempurna tentu akan memberikan rasa yang cukup manis. Hal ini tentu akan mendukung asupan gula yang tidak berlebihan karena kita jadi tidak perlu menambahkan terlalu banyak gula pada jus,kan? Pastikan kematangan buah dengan merasakan tekstur kematangan atau aroma buah.

3. Memotong bagian buah dan sayur yang busuk atau rusak

Untuk menjaga kualitas jus, maka buanglah bagian buah atau sayur yang mengalami busuk sebagian, rusak, atau terkontaminasi kontaminan baik fisik, kimia atau biologi, misalnya adanya kotoran yang nampak, sisa pestisida atau adanya hewan kecil pada bahan.

4. Mencuci buah dan dan sayur sebelum dipotong

Usahakan untuk memotong buah dan sayur setelah kita selesai mencucinya. Hal ini untuk menjaga ketersediaan zat gizi larut air yang ada pada buah dan sayur. Jangan lupa untuk menggosok agak keras bagian kulit buah yang cukup tebal. Hal ini untuk memastikan kebersihan dan hilangnya pestisida dari kulit buah.

5. Mengeringkan buah dan sayur yang telah dicuci

Letakkan buah dan sayur yang telah dicuci diatas kain lap bersih atau kertas tisu khusus yang menyerap air. Hal ini akan mendukung kondisi kelembaban produk yang baik sehingga bakteri dari air setelah pencucian bisa berkurang.

Nah itu dia, tips sehat untuk membuat jus

Sumber : www.doktersehat.com

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *