5 Cara Efektif untuk Menghemat Air di Musim Kekeringan

Berikut adalah 5 cara efektif yang bisa dilakukan untuk menghemat air di musim kemarau:

  1. Lekas matikan keran jika tak digunakan

Keran yang selalu terbuka atau bahkan bocor adalah penyebab utama pemborosan air di lingkup rumah tangga. Matikan keran air yang tak digunakan, pastikan keran tidak mengalir ketika menggosok gigi atau menyabuni badan disaat mandi.

  1. Sediakan wadah air di toilet

Jika Anda menggunakan toilet duduk, sebaiknya di musim kemarau ini sediakan wadah air untuk menyiram toilet duduk, ketimbang harus membilas toilet dengan sistem penyirama kloset yang jelas mengeluarkan air dengan volume besar.

  1. Hitung waktu mandi Anda, jangan terlalu lama di kamar mandi

Mandi adalah aktivitas harian yang selalu kita lakukan setiap harinya. Biasakan untuk mandi efektif dan singkat di musim kemarau ini. Terlalu lama melakukan aktivitas mandi setidaknya paling minim telah menghabiskan air dari 6 liter hingga 45 liter air! Tak ada kata lain, hematlah air di musim kemarau ini dengan mandi secara efektif dan teratur

  1. Pastikan mencuci baju dilakukan dengan efisien

Satu lagi aktivitas harian yang selalu Anda lakukan namun memboroskan volume air adalah mencuci baju. Kurangi sekitar 30% jumlah air yang Anda gunakan untuk mencuci baju. Kecilkan aliran air keran untuk membilas baju. Lakukan seefisien mungkin.

  1. Siram tanaman di rumah Anda secukupnya

Di musim kemarau panjang ini, tak hanya penghuni rumah yang butuh pasokan air, tanaman di depan rumah yang menyejukkan pun perlu untuk disiram air dalam jangka waktu tertentu. Namun pastikan Anda menyiram tanaman dengan menggunakan gayung dan ember agar air yang keluar bisa terkontrol ketimbang harus menggunakan selang air.

Sumber : www.blog.act.id

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *