3 Tips Sukses Hentikan Kebiasaan Buruk

Nggak bisa dipungkiri bahwa setiap manusia di muka Bumi ini, memiliki setidaknya satu kebiasaan buruk. Contohnya menggigit jari, mendengkur, dan juga membunyikan buku-buku jari. Memang sepele sih, namun kebiasaan tersebut dapat mempengaruhi kesehatan tubuh dan harus segera dihentikan, abang none!

Mungkin Abang none menyadari dampak negatif dari kebiasaan buruk itu terhadap kesehatan, tapi rasanya sulit banget menghentikannya dengan alasan ‘sudah terbiasa’. Walaupun begitu, seorang ahli psikologi dari Englewood, New Jersey, Patricia A. Farrel, PhD, mengatakan, setiap kebiasaan buruk dapat dihentikan

1. Sadari kebiasaan buruk tersebut

Menurut seorang psikiater di New York City, Susan Jaffe, MD, menyadari alasan mengapa Abang none menggigit jari atau melakukan kebiasaan buruk lainnya, dapat membantu menghentikan aktifitas tersebut.

2. Buat catatan tentang kebiasaan buruk

Dengan membuat catatan seberapa sering Abang none melakukan kebiasaan buruk, dapat menjadi sumber data utama untuk menganalisa penyebab terjadinya aktifitas tersebut. Misalnya membuat catatan kebiasaan buruk selama satu minggu, dapat mempermudah Abang none untuk menganalisa penyebab terjadinya aktifitas tidak menyehatkan tersebut.

3. Pengalihan

Misalnya, jika Abang none sering berdehem (throat clearing), hal ini bisa saja diakibatkan oleh lambatnya udara keluar dari tenggorokan. Abang none bisa mengakali kebiasaan berdehem dengan mengatur cara bernafas, ketika Abang none sangat ingin melakukan kebiasaan buruk tersebut. Dengan begitu Abang none dapat merasakan adanya perubahan dalam hitungan hari.

sumber: health.liputan6.com

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *