UN Dihapus pada 2021

Ikatan Guru Indonesia (IGI) memandang penghapusan Ujian Nasional (UN) mulai tahun 2021 sesungguhnya sudah sangat terlambat. Ketua IGI M Ramli Rahim menilai, UN sudah seharusnya dihapuskan mulai 2020 ini. Hal ini karena UN selama ini lebih banyak mudharatnya dibanding manfaatnya. Bahkan siswa dinilai tidak menemukan manfaat sama sekali dari UN.

Keberadaan UN, Ramli mengatakan, mengakibatkan siswa dan guru-guru lebih fokus menghadapi UN dibanding mempersiapkan kemampuan siswa.

Dia mengatakan, UN selama ini hanya menghidupkan bimbingan-bimbingan belajar dan dengan demikian tes di sekolah-sekolah. Menurutnya, bimbingan-bimbingan ini tentu saja bukan melatih siswa agar memiliki kemampuan nalar yang baik. Bukan pula melatih siswa untuk memiliki kemampuan analisa yang tinggi tetapi lebih pada kemampuan siswa untuk mampu menjawab soal dengan benar tanpa harus memahami isi soalnya.

Di sisi lain UN membutuhkan anggaran yang begitu besar, meskipun tidak lagi menggunakan kertas. Tahun 2019 Kemendikbud masih menganggarkan Rp 210 miliar untuk pelaksanaan UN. Ramli mengatakan, andai saja Rp 210 miliar ini digunakan untuk pengangkatan guru, pemerintah akan mampu mengangkat 3500 guru dengan pendapatan rata-rata Rp 5 juta per bulan.

Sumber : www.republika.co.id

Cek Toko Sebelah The Series 2 Menampilkan Humor Yang Lebih Segar Dengan Deretan Pemain Baru

HOOQ layanan video-on-demand terbesar di Asia Tenggara telah meluncurkan serial drama komedi segar Cek Toko Sebelah The Series. Konten original HOOQ yang bekerjasama dengan Starvision ini hadir penghujung tahun 2019 guna menghibur para pelanggan HOOQ di berbagai negara, termasuk Indonesia.

Menyusul kesuksesan musim pertama yang dirilis pada akhir tahun 2018, Cek Toko Sebelah The Series musim kedua menampilkan kisah yang lebih menggelitik dan menghibur dengan beberapa tokoh baru yang memperkaya cerita.
“Kami sangat senang dapat bekerja sama kembali dengan Starvision dalam memproduksi Cek Toko Sebelah The Series 2. Peluncuran ini menegaskan komitmen kami untuk memperluas pendekatan lokal melalui kerja sama dengan studio ternama serta mengembangkan dan memproduksi lebih banyak konten original lokal dalam platform HOOQ.” ujar Tita Priadi, Head of Content HOOQ lndonesia saat peluncuran cek toko sebelah the series ke 2 di jakarta ( 12/11).
“Musim pertama mendapat respon positif dari para pelanggan HOOQ dan menjadi salah satu konten favorit. Dengan tambahan pemain dan sutradara baru baru serta kisah yang lebih menarik, kami optimis Cek Toko Sebelah The Series 2 dapat mengikuti kesuksesan musim pertama,” Ujar Hera Laxmi Devi, Head of Marketing, HOOQ Indonesia.
Kehadiran tiga komika populer lndonesia Ernest Prakasa. Soleh Solihun, dan Bene Dion sebagai sutradara baru selain Arie Kriting akan menyuguhkan kisah yang llebih berwarna dan humor yang lebih segar dalam tiap episode Cek Toko Sebelah The Series 2.
Di musim kedua ini bercerita tentang Koh Afuk yang sudah pensiun merasa bosan dengan kegiatannya berkeliling Indonesia. Ia kemudian membeli kolam ikan yang hampir ditutup oleh pemilik sebelumnya dan mengelola kolam ikan tersebut bersama Ojak, Yadi. Naryo dan beberapa karyawan baru yaitu Asui, lpeh, Abel dan Jali.

Cek Toko Sebelah The Series 2 dapat disaksikan mulai 12 Desember 2019 dengan episode baru tayang setiap minggunya. Terdiri dari total 18 episode, tiga episode pertama dapat dinikmati secara gratis melalui aplikasi HOOQ.

Sumber : HOOQ – KM

Abracadabra

  • Jenis Film : Drama
  • Produser : Ifa Isfansyah
  • Sutradara : Faozan Rizal
  • Penulis : Faozan Rizal
  • Produksi : Fourcolours Films
  • Casts : Reza Rahadian, Salvita Decorte, Butet Kartaredjasa, Dewi Irawan, Jajang C Noer, Lukman Sardi, Asmara Abigail

SINOPSIS

Lukman adalah seorang grandmaster yang sudah tidak lagi percaya pada keajaiban. Di pertunjukan sulap terakhirnya, ia berencana untuk gagal dan sekaligus pamitan ke teman-temannya kalau ia tidak akan lagi bermain sulap. Lukman mempersiapkan trik mudah dari kotak kayu milik ayahnya, ia akan memanggil seseorang dari penonton untuk masuk ke dalamnya, memakunya, ucapkan “Abracadabra!”, dan tentu saja orang tersebut masih ada di dalamnya. Tidak ada kejaiban. Tapi yang tidak dia ketahui adalah, bahwa kotak itu milik banyak penyihir besar di masa lalu, hingga akhirnya sampai ke ayah Lukman yang juga seorang grandmaster.

Pertunjukan berlangsung, dan seorang anak laki-laki yang masuk ke kotak itu pun menghilang. Lukman tidak mengerti bagaimana itu bisa terjadi. Ia juga tidak tahu bagaimana cara mengembalikan anak itu. Seorang Kepala Polisi yang sangat menginginkan kotak itu, berusaha mengejar Lukman dan menuduhnya dengan kasus penculikan anak. Kisah itu berubah menjadi permainan kucing dan tikus antara Lukman dan Kepala Polisi mantan pesulap yang ingin menangkap Lukman dan memiliki kotak itu untuk dirinya sendiri. Perjalanan Lukman untuk mulai percaya pada keajaiban kembali menjadi rumit ketika seorang perempuan, Sofnila, tiba-tiba muncul dari kotaknya. Sofnila percaya bahwa ia adalah salah satu asisten Lukito, ayah Lukman, yang dulu pernah menghilang di kotak itu.

Perjalanan selanjutnya membuat Lukman bertemu dengan beberapa penyihir teman lama ayahnya, dan ia mulai mengerti bahwa dia tidak pernah dilahirkan oleh siapa pun kecuali ayahnya yang menemukannya di dalam kotak itu. Datuk, seekor harimau Sumatera, juga terus-menerus muncul sepanjang perjalanannya. Apakah Lukman berhasil menemukan kembali anak laki-laki yang hilang dari kotak itu dan kembali percaya pada keajaiban?

Sumber : www.21cineplex.com | www.youtube.com

109.180 Peserta Ikuti Uji Kompetensi Guru

Uji Kompetensi Guru (UKG) yang digelar oleh Dinas Pendidikan DKI Jakarta diikuti sebanyak 109.180 peserta. 

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Pendidikan DKI Jakarta, Syaefulloh Hidayat mengatakan, UKG yang diikuti oleh kepala sekolah dan guru baik negeri maupun swasta.

Tahap pertama, dilaksanakan 11 sampai 13 Desember 2019 (3 sesi per hari), sedangkan UKG tahap kedua akan digelar pada tanggal 17 Desember 2019 mendatang.

Selain itu, kegiatan ini juga bertujuan memperoleh informasi tentang gambaran kompetensi guru, khususnya kompetensi pedagogis dan kompetensi profesional sesuai dengan standar yang telah ditetapkan.

Tidak hanya itu, UKG tersebut juga bertujuan mendapatkan peta kompetensi guru yang akan menjadi bahan pertimbangan dalam menentukan jenis pendidikan dan pelatihan yang harus diikuti oleh guru.

Ia menambahkan, melalui pelaksanaan ini dapat diperoleh hasil UKG yang merupakan bagian dari penilaian kinerja guru, dan akan menjadi bahan pertimbangan penyusunan kebijakan dalam memberikan penghargaan serta apresiasi kepada guru, sekaligus pendistribusian guru berbasis kualitas guru.

Sumber : www.beritajakarta.id

Doraemon the Movie: Nobita’s Treasure Island

  • Jenis Film : Animation, Adventure, Comedy
  • Produser : Dong-hoon Choi, Woo-Sung Choi, Fujiko-Pro, Jow Kim
  • Sutradara : Kazuaki Imai
  • Penulis : Genki Kawamura, Fujiko Fujio
  • Produksi : Shin Ei Animation
  • Casts : Wasabi Mizuta, Megumi Ohara, Yumi Kakazu, Tomokazu Seki, Subaru Kimura, Stanley Huang, Aoi Yuki, Saori Hayami, Masami Nagasawa, Yo Oizumi, Qianyuan Wang

SINOPSIS

Dalam kisah Doraemon kali ini, bersama Nobita, Shizuka, Gian, dan Suneo mereka memulai petualangan di Laut Karibia. Nobita adalah kapten kapal dan bertarung melawan musuhnya di atas kapal. 

Saat Shizuka diculik, dan badai menghambat perjalanan mereka. Mini-Dora membantu Nobita dan teman-teman. Dalam petualangan kali ini mereka menemukan sebuah pulau harta karun. Namun belakangan mereka menyadari itu bukanlah pulau biasa.

Sumber : www.21cineplex.com | www.youtube.com

 

Makanan dan Minuman Yang Pas Untuk Liburan ke Pantai

  1. Buah

    Untuk makanan yang satu ini bawalah buah-buahan yang simpel seperti apel, jeruk, anggur, ataupun pisang. Buah-buahan sangat penting sebagai perlindungan kulit dari sinar matahari yang menyengat.

  2. Salad

    Kalau yang ini sih emang ga kenal cuaca panas ataupun dingin sudah pasti rasanya enak ya, enak banget pastinya kalau kamu nikmatin salad couscous dengan bentuk seperti butiran pasir yang menegaskan kalau kamu sedang berada di pantai!

  3. Roti Lapis (Sandwich)

    Makanan simpel dan bikin perut kenyang ini memang sepertinya wajib banget kamu bawa ketika kamu sedang berlibur ke pantai, jangan lupa bungkus Sandwich kamu menggunakan kertas/plastik agar tidak terkena pasir ya!

  4. Ice Cream 

    Yap! Ga lengkap rasanya ke pantai kalo ga menikmati makanan beku satu ini, selain rasanya yang manis, Ice Cream memang bisa bikin mood kamu bagus lagi lho! Apalagi kalau kamu menikmati Ice Cream sambil melihat pantai yang tenang, nikmat sekali bukan?

  5. Daging Asap (Barbeque)

    Untuk menyempurnakan hari-harimu selama di pantai kamu bisa nih bakar daging ikan atau barbeque-an bersama keluarga atau teman kamu, pasti akan seru banget ya bakar-bakaran daging di pinggir pantai!

 

Kalau tadi sudah lengkap semua makanannya, sekarang kita beralih ke minumannya yuk!

  1. Fresh Mint

Nomor 1 ini ditempati oleh Fresh Mint! yap benar sekali minuman ini merupakan pilihan terbaik untuk kamu nikmati di pantai. Membuat minuman ini juga tidak susah loh, kamu hanya memerlukan daun mint dan air putih. Tempatkan beberapa daun mint ke dalam gelas kemudian siram dengan air panas. Diamkan selama 2 jam, lalu sisihkan daun mint dari rendaman air panas tersebut,dan jangan lupa tambahkan es batu biar makin fresh!

  1. Es Teh Hijau

Kalau kamu tipe orang yang tidak bisa jauh-jauh dari racikan teh, minuman ini pasti pas banget buat kalian, untuk menyiapkan es teh hijau kamu hanya perlu menyiapkan teh hijau, daun mint, dan irisan buah lemon. Rebus air, teh hijau dan daun mint secara bersamaan. Setelah dingin, tambahkan irisan lemon dan es batunya juga ya.

  1. Smoothie

Minuman ini sangat pas untuk mengganti energi kamu yang hilang setelah seharian bermain di pantai. Untuk membuat minuman ini kamu hanya memerlukan yoghurt, teh hijau, buah mangga (atau kamu bisa ganti dengan buah yang kamu suka) dan es batu. Masukkan semua bahan tersebut ke dalam blender dan haluskan. Untuk menambahkan cita rasanya kamu juga bisa menambahkan bubuk vanila ke dalam minuman kamu.

  1. Es Jeruk

Mudah sekali membuat Es Jeruk untuk kamu nikmati, kamu hanya memerlukan buah jeruk lalu peras buah jeruk sampai mendapatkan airnya, selain diperas kamu juga bisa menikmati Es Jeruk dengan cara di blender dan jangan lupa tambahkan sedikit gula dan es batu agar makin segar!

  1. Es Kelapa

Nah yang terakhir nih! Yang mencerminkan kalau kita sedang berada di pantai banget! Hehe… sangat mudah mendapatkan es kelapa ketika kita sedang berlibur ke pantai, karena banyak sekali pohon kelapa ataupun para penjual es kelapa yang akan kamu temui sepanjang pantai.

Sumber : www.blog.duniamasak.com

Aplikasi RSUDKITA

Sumber Foto : www.republika.co.id

Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kota Tangerang meluncurkan aplikasi RSUDKITA, Rabu (11/12). Aplikasi berbasis Android yang dibuat untuk memudahkan masyarakat, baik kemudahan mendaftar atau sekadar mengetahui informasi RSUD Kota Tangerang.

Direktur Utama RSUD Kota Tangerang, dr Henny Herlina, mengatakan, ada enam fitur yang dapat dinikmati para pengguna aplikasi RSUDKITA. Mulai dari sistem informasi dan waktu tunggu, sistem informasi jadwal dan profil dokter, sistem informasi ketersediaan kamar, saran dan kritik, fitur fasilitas kita serta nilai kita.

Pengguna juga dapat memberikan saran dan kritik mengenai RSUD Kota Tangerang. Kemudian, mengetahui secara jelas fasilitas apa saya yang dimiliki serta mengetahui nilai RSUD dari sisi pengunjung atau pelayanannya.

Henny menambahkan, dengan aplikasi RSUDKITA proses berobat ke RSUD Kota Tangerang lebih mudah dan cepat. Pasien atau masyarakat bisa lebih cepat mendaftar secara online atau mengetaui RSUD Kota Tangerang secara jelas.

Sumber : www.republika.co.id

Perlengkapan ke pantai yang wajib dibawa

Sumber Foto : www.rappler.com

Pakaian pantai

Liburan ke pantai memiliki dresscode khusus sebab salah kostum atau menggunakan pakaian yang tidak nyaman akan menggagalkan suasana liburan di pantai. Dresscode pantai sebenarnya adalah pakaian yang ‘ramah‘ terhadap air. Untuk Anda yang ingin berbasah-basah ria, gunakanlah pakaian renang agar bisa total ketika ingin menceburkan diri ke air laut.

Namun, bagi Anda yang hanya ingin sekedar duduk-duduk atau jalan-jalan manis di sekitar pantai, gunakanlah pakaian seperti kaus dan celana pendek. Kedua jenis pakaian ini akan membuat Anda merasa nyaman saat menghabiskan hari libur di pantai.

Sunblock

Meskipun sedang liburan, bukan berarti Anda bebas melupakan kesehatan kulit Anda. Pantai identik dengan suhu yang panas dengan teriknya matahari. Hal ini tentu bisa memberikan efek samping untuk kulit Anda. Oleh sebab itu, gunakanlah selalu sunblock atau tabir surya saat sebelum ke pantai.

Oleskanlah sunblock ke seluruh tubuh Anda, seperti tangan, kaki, paha, leher, hingga wajah. Pilihlah sunblock dengan SPF tingkat tinggi agar kulit tetap terlindungi. Selain itu, Anda juga perlu untuk mengoleskan ulang sunblock pada tubuh Anda selang beberapa jam agar perlindungan kulit Anda maksimal.

Sandal

Berada di pantai tentu akan ada banyak pasir dan air. Oleh karena itu, gunakanlah alas kaki yang ramah dengan pasir dan air, seperti sandal. Pilihlah sandal dengan bahan tahan air sehingga dapat mudah dibersihkan. Penggunaan sandal di pantai akan membuat kaki Anda lebih fleksibel menghadapi air laut yang mungkin tiba-tiba datang membasahi Anda.

Kacamata hitam

Selain kulit dan kaki, bagian tubuh lain yang tidak boleh luput dari perlindungan adalah mata. Penggunaan kacamata hitam ke pantai sebenarnya bukan saja untuk gaya semata, tapi juga baik untuk kesehatan mata Anda. Sinar matahari yang terlalu silau dapat menganggu kesehatan mata. Oleh sebab itu, gunakanlah kacamata hitam agar mata Anda tetap terlindungi dan terasa nyaman saat beraktivitas di pantai.

Tas

Tas merupakan salah satu barang yang tak boleh tertinggal saat ingin berlibur ke pantai. Sesuai fungsinya, tas menjadi alat penyimpan barang-barang di kala Anda jalan-jalan. Untuk urusan tas, pilihlah tas yang akan membuat Anda nyaman. Pilihlah jenis tas punggung dengan ukuran yang tak terlalu besar dan berbahan anti air. Hal ini akan membuat Anda lebih praktis dan nyaman.

Kartu identitas

Kartu identintas atau tanda pengenal merupakan barang yang wajib dibawa ke manapun Anda pergi, tak terkecuali pantai. Meskipun sedang suasana liburan, bukan berarti Anda bisa meninggalkan kartu identitas Anda sembarangan di hotel atau tempat penginapan.

Kartu identitas penting untuk dibawa untuk menghadapi situasi yang tak terduga. Namun, penting untuk diingat, letakkanlah selalu kartu identitas Anda di tempat yang aman, jangan sampai pulang-pulang, kartu identitas Anda rusak atau bahkan hanyut terbawa air laut.

Ikat rambut

Bagi para perempuan, khususnya yang berambut panjang, usahakanlah untuk membawa ikat atau jepit rambut agar liburan ke pantai tetap terasa nyaman. Angin yang berhembus di pantai seringkali terasa kencang. Oleh sebab itu, ikat atau jepitlah rambut Anda agar penampilan Anda tidak terganggu.

Handuk dan baju ganti

Selalu sediakanlah satu buah handuk dan baju ganti di tas berlibur Anda, sebab meskipun Anda tidak berencana berenang di pantai, tapi bisa saja situasi tak terduga datang hingga membuat diri Anda menjadi basah. Oleh sebab itu, jangan pernah ke pantai tanpa membawa handuk dan baju ganti

Alas kain atau karpet

Bagi Anda yang berencana duduk-duduk manis di pinggir pantai, bawalah alas kain atau karpet. Hal ini akan menambah kenyamanan Anda saat ingin menikmati suasana pantai.

Kamera

Momen liburan menjadi salah satu momen yang penting untuk diabadikan bagi sebagian orang. Oleh sebab itu, agar liburan ke pantai semakin seru, bawalah kamera. Namun, selalu ingatlah untuk melindungi kamera Anda dengan penutup anti air agar kamera Anda tidak rusak saat terkena hembusan pasir atau cipratan air.

Peralatan mandi

Sama halnya dengan handuk dan baju ganti, peralatan mandi juga menjadi barang yang penting tersedia di tas berlibur Anda. Peralatan mandi tersebut antara lain: sabun, shampoo, sikat gigi, dan pasta gigi. Agar lebih mudah dan praktis, kumpulkanlah perlengkapan mandi Anda tersebut dalam satu kantung. Pilihlah kantung dengan bahan anti air.

Kantung plastik

Kantung plastik merupakan barang serbaguna dalam berbagai kesempatan, tak terkecuali liburan di pantai. Dengan membawa kantung plastik, Anda tidak perlu repot untuk membawa pakaian Anda yang basah. Selain itu, kantung plastik juga berguna untuk menyimpan sampah sementara saat Anda berlibur ke pantai. Ingatlah selalu untuk menjaga kebersihan di manapun Anda berada!

Sumber : www.rappler.com

Rhoma Irama dan Via Vallen Bakal Rilis Duet Single Baru

Sumber Foto : www.tribunnews.com

Raja dangdut, Rhoma Irama pamerkan foto bareng pedangdut Via Vallen. Dalam unggahan fotonya, Rhoma Irama membocorkan bakal merilis single baru duet dengan Via Vallen.

Rhoma Irama memamerkan foto bersama Via Vallen saat keduanya tengah melakukan proses rekaman. Foto tersebut diunggah oleh Rhoma Irama di akun Instagram pribadi milik raja dangdut tersebut.

Tak hanya satu, ada beberapa foto yang diunggah Rhoma Irama saat rekaman lagu barunya bersama Via Vallen. Dalam keterangan fotonya, Rhoma Irama Rhoma Irama mengatakan dirinya tengah melakukan sesi rekaman dengan Via Vallen untuk proyek single baru. Namun, Rhoma Irama belum menyebutkan kapan single baru tersebut akan dirilis.

Sumber : www.tribunnews.com

Pantai Carita di Pesisir Utara Banten

Sumber Foto : www.youtube.com

Tidak jauh dari Jakarta, terdapat sebuah daerah yang menyimpan pantai indah menawan. Daerah itu adalah kecamatan Carita, di Pandegelang Banten.  Di Kecamatan Carita terdapat objek wisata Pantai Carita yang terkenal hingga manca negara. Pantai ini merupakan salah satu dari bejibunnya pantai indah di pesisir banten. Lokasi pantai ini berada di tengah-tengah antara Pantai Anyer dan Pantai Tanjung Lesung, dengan posisi menghadap Selat Sunda.

Ada begitu banyak sarana akomodasi tersebar di sepanjang kawasan pantai dengan beragam pilihan fasilitas dan harga. Kawasan Wisata Pantai Carita yang terbentang seluas 2.5 hektar ini telah dikelola sejak 20 tahun yang lalu.

Pantai Carita menawarkan panorama hamparan pasir putih yang luas serta lanskap Gunung Krakatau yang indah dari kejauhan. Pantai ini juga mengandung kekayaan satwa yang bisa Anda amati, seperti kera ekor panjang, lutung, biawak, ular sanca, alap-alap, dan burung elang. Kekayaan satwa ini dimiliki karena masih eksisinya butan lindung seluas 95 hektar yang melindungi pantai ini.

Beragam aktivitas pantai dan olahraga air seperti jetski, banana boat, diving, snorkeling, renang, bermain layang-layang, dan voli pantai dapat dilakukan di kawasan pantai Carita.

Sumber : www.nativeindonesia.com