Kompor Gas Susah Dinyalakan?? Coba Cara Ini!!

Umumnya, ada beragam kerusakan yang kerap dihadapi oleh pengguna kompor gas. Salah satunya yang paling sering adalah kompor gas tidak mau menyala meskipun tabung gas dalam kondisi penuh. Jika kompor gas Anda susah dinyalakan, berikut solusinya:

  1. Lepas Regulator Pada Tabung Gas

Regulator berfungsi untuk mengatur keluar masuknya gas dari tabung menuju kompor. Jika api tidak bisa menyala, besar kemungkinan tidak ada gas yang mengalir menuju pemantik. Pasang regulator pada mulut tabung secara benar dan pastikan tidak ada bunyi mendesis yang mengindikasikan kebocoran gas. Selain itu, bisa juga disebabkan oleh pengaman regulator yang justru menghalangi aliran gas. Anda bisa melepas regulator dan mengetuk bagian atasnya atau mengoyang-goyangkan agar sistem pengaman di dalamnya kembali berjalan otomatis.

  1. Angkat Tungku Kompor, Burning, dan Dudukannya

Hal lainnya yang bisa mengganggu aliran gas menuju kompor adalah bagian tungku atau burner. Apabila burner kotor, segera angkat dan bersihkan kerak pada bagian lubang burner menggunakan sikat, kawat kecil, atau jarum. Terkadang, ada juga serangga kecil yang masuk ke dalam corong burner, sehingga diperlukan perawatan dan pembersihan secara berkala. Posisi burner yang tidak pas juga mempengaruhi aliran gas. Sebaiknya, pasang burner sesuai dengan posisinya dan jangan sampai ada celah antara burner dan mangkuk burner.

  1. Ambil Obeng dan Buka Cover Kompor Gas

Untuk memastikan tidak ada bagian dalam kompor yang rusak, ambil obeng dan buka cover penutup kompor gas. Anda bisa memastikan apakah ada kabel yang putus, knop on/off yang rusak, atau sesuatu yang tidak terpasang secara sempurna. Jika cover kompor gas milik Anda tidak bisa dibuka maka kompor harus dibalik untuk memeriksa bagian dalamnya. Kemudian bersihkan semua spare-part yang ada menggunakan kain. Bisa juga dengan menambahkan sedikit baking soda pada kain basah utuk menghilangkan kerak pada besi kompor gas.

  1. Buka Sprayer Dengan Tang/ Kunci Pas Yang Sesuai Dengan Ukuran Kepala Sprayer

Salah satu alasan membuka cover kompor gas adalah untuk memastikan knop on/off atau pemantik api berfungsi dengan baik. Di dalam knop terdapat sprayer yang berfungsi untuk mengatur besar kecilnya aliran gas. Jika kompor gas tidak bisa dinyalakan, sprayer juga bisa menjadi penyebabnya. Untuk mengatasinya Anda bisa membuka sprayer dengan menggunakan tang atau kunci yang sesuai dengan ukuran kepala sprayer. Buka juga pengatur kepekatan gas atau per pemutar. Kemudian bersihkan semua bagian pemantik tersebut dengan menggunakan kain.

  1. Bersihkan Semua Komponen Kompor, Saat Kompor Gas Susah Dinyalakan

Kerak yang menempel pada spare-part kompor gas bisa mempengaurhi kinerja kompor. Bisa saja kerak tersebut menghalangi aliran gas pada bagian burner, atau mengganggu kinerja pemantik api sehingga kompor tidak bisa menyala. Setelah bagian cover kompor gas dibuka, Anda bisa membersihkan semu spare-part yang ada di dalamnya. Anda bisa membersihkannya dengan menggunakan air panas, baking soda, cuka apel, jeruk, nipis, tepung terigu, dan atau minyak tanah. Celupkan kain ke dalam bahan-bahan tersebut yang sebelumnya telah dicairkan, kemudian oleskan pada bagian kompor yang berkerak dan bersihkan secara perlahan.

6. Cuci dan bersihkan burner dari kotoran, Saat Kompor Gas Susah Dinyalakan

Komponen kompor gas yang paling mudah kotor dan berkerak adalah bagian burner atau tungku kompor. Komponen yang satu ini berfungsi sebagai tempat keluarnya gas melalui lubang-lubang kecil pada permukaan burner. Jika burner kotor atau tersumbat, sudah pasti aliran gas akan terganggu sehingga kompor tidak bisa menyala atau api yang keluar justru berwarna merah. Anda bisa melepas burner dengan tangan kososng kemudian membersihkan bagian burner dengan cara merendamnya di dalam minyak tanah agar semua keraknya hilang. Setelah itu sikat bagian permukaan dan lubang menggunakan sikat kawat.

  1. Lepaskan Regulator Dari Selangnya, Saat Kompor Gas Susah Dinyalakan

Regulator berfungsi untuk mengatur aliran gas menuju kompor dan selang berfungsi sebagai media penyalurnya. Biasanya, selang ditancapkan pada bagian pentilator yang terdapat pada ujung regulator. Sedangkan pada bagian dalam pentilator terdapat pelor atau gotri yang bisa bergerak mengikuti tekanan atau aliran gas. Jika pentilator ini rusak maka gas tidak mengalir menuju kompor. Untuk mencegahnya, Anda bisa melepas selang terlebih dahulu. Buka klem pengunci selang dan regulator mengguanakan obeng. Setelah itu periksa bagian pentilator. Cara sederhana untuk memperbaiki pentilator adalah dengan mengetuknya sebanyak 2 – 5 ketukan untuk memperbaiki posisi pelor atau gotri di dalamnya.

Sumber : www.hock.id